1. a. Di sebuah peternakan terdapat 6 kandang domba. Jika di setiap kandang terdapat 10 ekor domba, berapa jumlah domba dalam kandang?
Jawaban:
6 x 10 = 60
Jadi, jumlah domba dalam kandang ada sebanyak 60 ekor.
b. Tiap kandang sesak dengan domba karena luas kandang tidak besar. Pemilik kandang berniat membuat kandang domba lagi. Sehingga jumlah kandang domba ada 10. Berapa isi domba di tiap kandang?
Jawaban:
6 ekor domba.
c. 6 x 10 = 10 x 6
2. a. Di peternakan sapi terdapat 9 kandang. Tiap kandang berisi 8 sapi, berapa jumlah sapi di peternakan tersebut?
Jawaban:
9 x 8 = 72
Jadi, jumlah sapi di peternakan ada sebanyak 72 ekor.
b. Ternyata 1 kandang sapi rusak. Kandang sapi yang bisa digunakan tinggal 8. Berapa jumlah sapi dalam tiap kandang?
Jawaban:
9 ekor sapi.
c. 9 x 8 = 8 x 9
3. a. Paman Beni beternak burung merpati. Ia memiliki 10 kandang burung. Paman Beni menempatkan 8 ekor burung pada tiap kandang. Berapa jumlah burung merpati yang dimiliki paman Beni?
Jawaban:
10 x 8 = 80
Jadi, jumlah burung merpati yang dimiliki paman Beni ada sebanyak 80 ekor.
b. Dua kandang rusak sehingga burung merpati ditempatkan pada kandang-kandang yang lain. Berapa jumlah burung merpati di tiap kandang sekarang?
Jawaban:
10 ekor merpati.
c. 10 x 8 = 8 x 10
4. a. Nenek Udin bisa membuat telur asin. Hari ini telur asinnya sudah jadi. Ia ingin membagikannya kepada semua cucunya. Cucu nenek Udin ada 6. Jika tiap cucu mendapat 4 telur asin, berapa jumlah telur asin yang dibagikan?
Jawaban:
6 x 4 = 24
Jadi, jumlah telur asin yang dibagikan ada sebanyak 24 butir.
b. Ada 2 cucu nenek tidak suka telur asin. Nenek membagikan telur asin mereka sama banyak kepada cucu-cucu yang lain. Berapa telur asin yang didapat tiap cucu nenek yang suka telur asin?
Jawaban:
6 butir telur asin.
c. 6 x 4 = 4 x 6
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 3 Halaman 109 110 111 113 115 116 117 118, Subtema 3 Pembelajaran 1
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 3 Halaman 93 dan 94, Subtema 2 Pembelajaran 5
—
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua dan siswa mendiskusikan hewan-hewan apa saja yang bisa diternakkan.
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.