Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 196 197 199 200 203, Subtema 3 Pembelajaran 6

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 196 197 199 200 203, Subtema 3 Pembelajaran 6
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 196 197 199 200 203, Subtema 3 Pembelajaran 6

a. Gunakan diagram di bawah ini untuk melengkapi keterangan tentang cerita fiksi di atas. Tuliskan bagian yag paling kamu sukai dari cerita fiksi di atas dalam tulisan satu paragraf. Jelaskan alasan kamu menyukainya.

b. Jelaskanlah persamaan dan perbedaan cerita tersebut dengan peristiwa yang pernah kamu alami atau yang pernah kamu tonton dari sebuah film. Gunakan diagram venn berikut sebagai bantuanmu. Tuliskan pokok pikiran yang ada di dalam cerita fiksi pada bagian cerita fiksi.

Tuliskan pokok pikiran dari pengalamanmu atau dari film yang ditonton pada bagian yang lain. Tuliskan kesamaan antara keduanya di bagian tengah diagram venn.

Bacaan Lainnya

Jawaban:

c. Berdasarkan diagram venn di atas, jelaskan dan tuliskan dalam satu paragraf perbedaan dan persamaan antar cerita fiksi dan pengalaman pribadi atau fim yang pernah ditonton di tempat yang tersedia di bawah ini.
Jawaban:
Persamaan :
Persamaan antara teks fidksi dan pengalaman pribadi pada cerita di atas adalah kerja bhakti sama-sama meningkatkan persatuan dan kesatuan.
Perbedaan :
Sedangkan perbedaannya adalah pada teks cerita fiksi kerja bhakti dilakukan untuk menghadapi musim hujan. Sedangkan pada pengalaman pribadi kerja bhakti dilakukan untuk menghadapi peringatan kemerdekaan.

d. Buatlah sebuah karangan dengan mengembangkan bagian yang berbeda dari cerita fiksi di atas. Kamu dapat mengambil beberapa bagian dari cerita fiksi yang asli sebagai bantuan, lalu meneruskannya dengan ceritamu sendiri berdasarkan pengalamanmu atau dari film yang pernah kamu tonton.
Jawaban:
Bagian tengah :
Tak lama kemudian, kerja bakti dimulai. Semua orang yang ikut serta bekerja bakti dibagi dalam beberapa kelompok, ada kelompok yang membersihkan selokan, kelompok yang mencabuti rumput, mengumpulkan sampah. Mereka bekerja dengan senang hati dan suasana begitu akrab. Romi, Adi, dan Budi yang kebagian membersihkan selokan bekerja dengan penuh semangat. Karena terlalu bersemangat sehingga Adi sempat tercebur ke dalam selokan yang berair. Romi dan Budi segera menolong Adi dan melanjutkan pekerjaan mereka sampai selesai.

e. Lipatlah kertas ukuran A4 menjadi dua bagian sama besar. Pada sisi kanan gambarkanlah cerita fiksi dengan gambar yang jelas dan mewakili. Di sisi kiri, gambarkan pengalamanmu yang membedakannya dengan cerita fiksi di atas.
Jawaban:

f. Presentasikan cerita baru dan gambarmu kepada teman-teman sekelasmu dengan percaya diri.

Untuk dapat bekerja sama, setiap anggota kelompok perlu untuk memiliki keterampilan dan berperan aktif di dalamnya. Beberapa keterampilan harus dilatih dan dikembangkan.

Pos terkait