Ayo Mengamati
Volume Benda
Setelah bermain peran, Beni merasa haus. Dia ingin membeli susu. Beni melihat susu disimpan dalam berbagai kemasan.
Kemasan A diisi dengan susu yang terdapat dalam kemasan B.
Volume kemasan A adalah sama dengan 2 kemasan B. Kemudian, kemasan A diisi dengan air yang terdapat dalam kemasan C.
Volume kemasan A sama dengan 4 kemasan C. Maka volume kemasan A, B, dan C berbeda. Kemasan susu merupakan satuan volume tidak baku.
Kunci Jawaban Halaman 48
Ayo Mencoba
Buatlah kelompok bersama teman-temanmu! Lakukan percobaan mengukur volume. Ikuti langkah berikut:
1. Kumpulkan botol minum dari setiap anggota kelompok.
2. Siapkan alat ukur berupa gelas plastik berukuran sama.
3. Ukur volume dari air minum di setiap botol minum.
4. Tunjukkan volume air dari setiap botol dengan mewarnai batas air seperti pada gambar di bawah ini. contoh :
5. Botol minum milik Dayu memiliki volume paling banyak.
6. Botol minum milik Edo memiliki volume paling sedikit
Kunci Jawaban Halaman 48 49 50
Ayo Berlatih
Membandingkan Volume Benda
Amati gambar berikut! Lingkari gambar yang memiliki volume lebih banyak!
Jawaban:
Mengurutkan Volume Benda Cair
Amati gambar berikut!
Urutkan kotak susu di atas mulai dari kotak yang bervolume paling sedikit hingga kotak yang bervolume paling banyak!
Jawaban:
3, 2, dan 1.
Urutkan mulai dari gelas yang memiliki volume paling banyak hingga volume yang paling sedikit!
Jawaban:
3, 5, 2, 4, dan 1
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 53 55 58, Subtema 1 Pembelajaran 6
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 30 31 33 35 36, Subtema 1 Pembelajaran 4
—
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua mengajak siswa pergi ke tempat berenang serta melatih kemampuan siswa dalam melakukan gerak mengambang (water trappen) saat beraktivitas dalam air.
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 7 Perkembangan Teknologi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 7 Perkembangan Teknologi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– mikirbae.com
(Halo Belajar)