Siapkan alat musik pianika atau keyboard, lalu mainkan interval harmonis berikut. Jika tidak ada alat musik tersebut, dapat menggunakan alat musik di sekitarmu misalnya angklung. Bisa juga menggunakan alat musik buatan sendiri dari botol bekas atau gelas. Gunakan 7 garis atas botol bekas yang diisi dengan air dengan ketinggian berbeda. Kemudian, mainkan tangga nada berikut.
1. Dari tangga nada c saja, c-d-e-f-g-a-b-c`.
2. Kemudian tangga nada berikut.
Setelah kamu memainkan interval-interval di atas, apa yang kamu rasakan? Apakah ada interval yang nyaman didengar atau tidak nyaman didengar? Tandai √ pada interval yang nyaman didengar dan tidak nyaman didengar pada tabel berikut.
Jawaban:
No | Interval | Nyaman Didengar | Tidak Nyaman Didengar |
---|---|---|---|
1. | c-c | √ | – |
2. | c-d | – | √ |
3. | c-e | √ | – |
4. | c-f | √ | – |
5. | c-g | √ | – |
6. | c-a | √ | – |
7. | c’-b | – | √ |
8. | c’-g | √ | – |
9. | c’-f | √ | – |
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 SD Halaman 47 48 49 50, Subtema 2 Pembelajaran 1
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 119 120 121 122, Subtema 2 Pembelajaran 5
Ayo Renungkan
Apa yang telah kamu pelajari hari ini?
Bagian mana yang sudah kamu pahami dengan baik?
Bagian mana yang belum kamu pahami?
Apa yang akan kamu lakukan agar lebih paham?
Nilai-nilai apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari?
—
Kerja Sama dengan Orang Tua
Diskusikan dengan orang tuamu tentang hal-hal yang merupakan kewajibanmu sebagai anggota keluarga! Tuliskan hasil diskusimu pada kotak berikut!
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
(Halo Belajar)