Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 158 dan 159, Subtema 4 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 158 dan 159, Subtema 4 Pembelajaran 4
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 158 dan 159, Subtema 4 Pembelajaran 4

HALO BELAJARKunci jawaban Tema 9 Kelas 4 SD/MI di bawah ini diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Materi merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Subtema 4 yaitu Karyaku Prestasiku, Tema 9 berjudul Kayanya Negeriku. Pembelajaran 4 dimulai dari halaman 158 sampai 159

Pada pembelajaran 4 ini, materi yang dibahas antara lain ‘membuat kliping tentang karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya’, ‘membuat bacaan berdasarkan isi kliping’.

Berikut penjabaran kunci jawaban Tema 9, Subtema 4, Pembelajaran 4 untuk adik-adik Kelas 4 SD/MI.

Baca juga:Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 160 dan 161, Subtema 4 Pembelajaran 5
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 156 dan 157, Subtema 4 Pembelajaran 3

Telah kita ketahui bahwa Indonesia merupakan bangsa yang kaya. Kekayaan bangsa kita meliputi sumber daya alam, budaya, sosial, dan politik. Kekayaan ini bisa menjadi modal bagi pelaksanaan pembangunan dan pemerataan hasil-hasilnya.

Namun, terkadang ada orang yang justru tidak menyadari potensi kekayaan tersebut. Banyak orang yang bersikap acuh, tidak bertanggung jawab, dan sewenang-wenang dalam memanfaatkan potensi-potensi kekayaan bangsa.

Untuk menerapkan sikap tanggung jawab terhadap kekayaan bangsa harus dimulai dengan mengenal potensi kekayaan yang dimiliki bangsa kita. Hal ini sesuai dengan pepatah yang berbunyi “Tak Kenal Maka Tak Sayang”.

Ayo kenali potensi kekayaan bangsa kita dengan membuat kliping.

Kegiatan 1

Kliping Kekayaan Bangsaku

“Buatlah kliping tentang kekayaan bangsa Indonesia. Kumpulkan dan susunlah gambar tentang kekayaan sumber daya alam bangsa Indonesia.

Langkah Kerja:

1. Siapkan buku atau kertas sebagai media untuk menempelkan gambar.

2. Siapkan penggaris, lem kertas, gunting, dan bolpoin.

3. Kumpulkan gambar dari berbagai referensi atau sumber.

4. Tempelkan gambar-gambar pada media yang sudah disiapkan sebelumnya.

5. Berilah judul dan keterangan singkat pada setiap gambar.

Berdasarkan kliping yang telah kamu buat tersebut, coba buatlah tulisan atau bacaannya. Pilihlah satu gambar sebagai bahan untuk dijadikan sumber bacaan.

Kegiatan 2

Membuat Bacaan Berdasarkan Gambar Kliping

Buatlah tulisan atau bacaan berdasarkan gambar pada kliping. Pilih satu gambar sebagai sumber cerita. Untuk memudahkanmu, buatlah ide pokoknya terlebih dulu.

Langkah Kerja

1. Menyiapkan kertas dan bolpoin untuk menulis cerita.

Pos terkait