Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 SD Halaman 36 37 38 39 40 41 43, Subtema 1 Pembelajaran 6

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 SD Halaman 59 61 62, Subtema 1 Pembelajaran 6
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 SD Halaman 59 61 62, Subtema 1 Pembelajaran 6

2. Nyanyikan lagu di atas. Sebelum menyanyikan syair lagu, terlebih dahulu baca dan nyanyikan dengan solmisasi.

3. Bagaimana interval pada lagu di atas? Banyakkah nada-nada yang sama berturut-turut? Ungkapkan pendapatmu.
Jawaban:
Pada lagu mariam tomong terdapat beberapa interval nada misalnya prim (i i, 7 7, 2 2) , Secondo (5 6, 6 7, 3 4) Terts (7 5, 5 3), Kuart (5 i, 4 7). Banyak nada yang berurut-turut misanya: i i i i, 7 7 7, 5 5 5.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 41

Ayo Mengamati

Bacaan Lainnya

Amati isi lagu di atas berdasarkan syairnya. Tanyakan kepada orang yang kamu anggap tahu. Kamu juga bisa meminta orang dewasa untuk mencari isi lagu di atas melalui media internet. Kemudian tuliskan dalam kolom berikut.
Jawaban:
Makna lagu Mariam Tomong adalah tentang perjuangan seorang putra dan putri batak dalam mengusir penjajah dari tanah air mereka, dengan menggunakan senjata berupa meriam bambu layaknya senapan mesin.

Ayo Membaca

Memainkan Interval Nada

Kita mengenal jarak antara dua nada sebagai interval. Berdasarkan cara memainkannya interval dibagi menjadi dua, yaitu interval harmonis dan interval melodis. Interval harmonis adalah dua nada yang dibunyikan secara bersama. Interval melodis adalah dua nada yang dibunyikan secara bergantian. Perhatikan contoh berikut.

Interval melodis terdiri atas interval dari nada rendah ke nada tinggi(ascending interval ) dan interval dari nada tinggi ke nada rendah descending interval).

Melodi yang baik adalah melodi yang mempunyai interval terjangkau oleh alat musik atau suara manusia.

Berdasarkan bunyi yang kita dengar, interval memiliki ciri-ciri bunyi sebagai berikut.
1. Interval prim ( “prime”)
Interval prim hanya terdengar satu nada sehingga terdengar nyaman, contohnya do saja.
2. Interval sekon (“secondo”)
Sekon terdiri atas sekon besar dan sekon kecil. Interval sekon terdengar kurang nyaman, contohnya do-re dan si-do bila dinyanyikan atau dibunyikan serempak.
3. Interval terts, terts besar maupun kecil nyaman didengar pula (konsonan sempurna)(do-mi).
4. Interval kuart, kuart murni sesalu nyaman didengar (konsonan sempurna) (do-fa).
5. Interval kuint, kuint murni terdengar nyaman (konsonan sempurna), kuint berlebih terdengar bagus, kuint berkurang terdengar kurang nyaman (do-sol).
6. Interval sekst, sekst besar maupun kecil terdengar nyaman (do-la).
7. Interval septim, biasanya terdengar kurang nyaman (do-si).
8. Interval oktaf, oktaf murni terdengar nyaman (do-do)’.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 43

Ayo Mencoba

Pos terkait