Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 SD Halaman 14 15 16 17 19 20, Subtema 1 Pembelajaran 3

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 SD Halaman 14 15 16 17 19 20, Subtema 1 Pembelajaran 3
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 SD Halaman 14 15 16 17 19 20, Subtema 1 Pembelajaran 3Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 SD Halaman 14 15 16 17 19 20, Subtema 1 Pembelajaran 3

Diolah dari: http://www.kompasiana.com/spiritofpapua/migrasi-dan-perempuan-dalam-keragaman-kampung-won orejo_56990c2ff67e61f40a27f392

Kunci JawabanTema 6 Kelas 6 Halaman 19

Ayo Berlatih

A. Jawablah pertanyaan di bawah ini secara lisan!

Bacaan Lainnya

1. Apa judul bacaan di atas?
Jawaban:
Bacaan tersebut berjudul “Kerukunan di Kampung Wonorejo, Papua”.

2. Apa kata kunci pada judul bacaan di atas?
Jawaban:
Kata kunci yang terdapat pada bacaan di antaranya: transmigran, kerukunan, perbedaan suku, agama, dan budaya.

3. Apakah informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci pada judul?
Jawaban:
– Kampung Wonorejo menunjukkan tentang kerukunan dalam keberagaman. Semua warga kampung hidup rukun walaupun berbeda asal usul suku bangsa, agama, dan budaya. Keragaman suku bangsa menjadi modal sosial dalam pembangunan.
– Hubungan penduduk asli Papua dan warga transmigran tidak mengalami pengkotakan dalam menjalankan ibadah. Masing-masing tidak menajamkan identitas tradisi atau agama yang dapat membuat hubungan menjadi terganggu. Sebaliknya, mereka menganggap bahwa perbedaan budaya dan agama merupakan kekayaan yang harus dilestarikan.
– Warga Kampung Kibay dan Kampung Wonorejo tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mereka juga menjaga persatuan dan kesatuan serta selalu menjunjung tinggi semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam segala perbedaan yang ada. Mereka memiliki jati diri sebagai bangsa Indonesia yang beretika dan santun, serta mempunyai jiwa gotong royong, dan toleransi tinggi. Mereka ingin menciptakan kehidupan di bumi Indonesia yang damai tenteram, hidup rukun berdampingan, terhindar dari segala macam bentuk radikalisme, terorisme, konflik sosial, perang saudara, dan ancaman perpecahan.

B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan menuliskan pada kolom tersedia!

1. Apa yang dapat kamu lakukan sebagai warga masyarakat dalam memaknai kemerdekaan?
Jawaban:
Berikut yang dapat aku lakukan sebagai warga masyarakat dalam memaknai kemerdekaan.
– Belajar dengan tekun.
– Mengikuti perlombaan 17 Agustus yang diadakan Panitia setempat
– Saling menghormati antarsesama

2. Bagaimana pelaksanaan kewajibanmu sebagai warga masyarakat?
Jawaban:
Kewajibanku sebagai warga masyarakat sudah dilaksanakan dengan baik. Aku mengikuti kegiatan yang diadakan di masyarakat. Misalnya, kerja bakti membersihkan jalan desa.

Ayo Renungkan

Apa yang sudah kamu pelajari pada pembelajaran kali ini? Apakah kamu merasa kesulitan? Tuliskan yang sudah kamu pelajari. Tuliskan juga kesulitan jika kamu merasa kesulitan pada pembelajaran kali ini. Tuliskan pada kolom berikut.

Pos terkait