Sebentar lagi hari kemerdekaan Republik Indonesia. Sekolah Edo juga ikut merayakan. Mereka akan menghias sekolah seindah mungkin. Edo dan teman-temannya juga ingin menghias kelas dengan indah.
Edo dan teman-temannya menghias kelas dengan bendera Merah Putih. Sekolah menyediakan bendera Merah Putih plastik. Jumlah kelas di sekolah Edo ada 12.
Tentukan jatah setiap kelas! Tentukan banyaknya bendera yang dibutuhkan!
Jawaban:
Banyak Bendera : Jatah/Kelas = Banyak Kelas
Banyak Bendera | Dibagi | Jatah/Kelas | Sama Dengan |
Banyak Kelas |
---|---|---|---|---|
360 | : | 30 | = | 12 |
600 | : | 50 | = | 12 |
840 | : | 70 | = | 12 |
960 | : | 80 | = | 12 |
1.080 | : | 90 | = | 12 |
1. 360 : 30 = 12
2. 600 : 50 = 12
3. 840 : 70 = 12
4. 960 : 80 = 12
5. 1.080: 90 = 12
Kunci Jawaban Halaman 173 dan 174
Ayo Berlatih
Apakah kamu pernah menghias kelasmu dengan Bendera Merah Putih dari plastik?
Buatlah cerita seperti di sekolah Edo! Tulis banyak kelas di sekolahmu! Tentukan jatah bendera untuk setiap kelasnya! Tentukan banyak bendera yang harus disiapkan sekolah!
Jawaban:
Dayu dan teman-temannya akan mengadakan perlombaan memperingati Hari Kemerdekaan di sekolah. Salah satu lomba yang akan dilaksanakan yaitu membawa kelereng menggunakan sendok. Sekolah menyediakan kelereng yang akan digunakan untuk lomba. Jumlah kelas di sekolah Dayu ada 6. Tentukan jatah setiap kelas! Tentukan banyaknya kelereng yang dibutuhkan!
Banyak Kelereng : Jatah/Kelas = Banyak Kelas
Banyak Kelereng | Dibagi | Jatah/Kelas | Sama Dengan |
Banyak Kelas |
---|---|---|---|---|
480 | : | 80 | = | 6 |
510 | : | 85 | = | 6 |
440 | : | 90 | = | 6 |
570 | : | 95 | = | 6 |
600 | : | 100 | = | 6 |
1. 480 : 80 = 6
2. 510 : 85 = 6
3. 440 : 90 = 6
4. 570 : 95 = 6
5. 600 : 100 = 6
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dengan lancar!
Bangga Menjadi Orang Indonesia
Edo berasal dari Papua. Ia sangat senang menjadi warga negara Indonesia. Ia berbeda suku dengan teman-temannya. Ia juga berbeda agama, tetapi mereka selalu bersatu.
Edo harus mencintai negaranya. Edo belum banyak tahu tentang Indonesia. Ia berusaha mengenal Indonesia. Ia banyak membaca buku tentang Indonesia. Ia berwisata ke berbagai tempat. Ia juga mengunjungi museum. Ia menggunakan barang buatan Indonesia. Edo sangat bangga menjadi orang Indonesia.
Kunci Jawaban Halaman 175
Ayo Mencoba
Amati teks “Bangga Menjadi Orang Indonesia”! Sebutkan masalah yang Edo hadapi! Jelaskan cara Edo menyelesaikan masalah! Sampaikan juga saran dengan bahasamu sendiri! Jelaskan kepada teman-temanmu!
Jawaban: