Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 27 28 29 30, Subtema 1 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 27 28 29 30, Subtema 1 Pembelajaran 4
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 27 28 29 30, Subtema 1 Pembelajaran 4

Ditanyakan:
Berapa martabak yang terjual dan martabak yang tersisa

Jawab:
Banyak martabak yang terjuall adalah jumlah martabak yang ada dikurangi martabak yang tersisa.
= 8 x 12 – 6
= 96 – 6
= 90 potong
Jadi, jumlah martabak yang terjual adalah 90 potong.

b. Martabak yang tersisa dapat ditentukan dengan cara mengurangkan martabak yang ada dengan martabak yang terjual.
= 8 x 12 – 90
= 96 – 90
= 6
Jadi, martabak yang tersisa ada 6 potong.

Bacaan Lainnya

Jumlah martabak ada 8, kemudian di potong menjadi 12 potong. Itu berarti jika ditulis dalam kalimat matematika adalah 8 x 12 = 96. Kemudian mereka berhasil menjual 90 potong. Ini berarti jumlah martabak mereka telah berkurang sebanyak 90 potong, sehingga diperoleh 96 – 90 = 6 potong.

2. Selain martabak, enam sekawan juga menjual dodol buatan Ibu Udin. Mereka memiliki 5 5/6 dodol. Seluruh dodol dipotong menjadi 6 potong yang sama. Berapa pembeli yang akan mendapat 5 potongan dodol yang sama?

Bagaimana kamu menemukan jawabannya? Gunakan gambar untuk membantu jawabanmu! Tulislah pada tempat yang tersedia

Jawaban:

Diketahui:
Ada 5 5/6 dodol. seluruh dodol dipotong menjadi 6 potong yang sama.

Ditanyakan:
Berapa pembeli yang akan mendapat 5 potongan dodol yang sama?

Jawab:
Pembeli yang mendapat 5 potongan dodol yang sama dapat dicari dengan mengalikan 5 5/6 dengan 6 kemudian dibagi 5. Untuk memudahkan pecahan campuran diubah ke bentuk campuran biasa. Untuk mengalikan pecahan kalikan pembilang dengan pembilang serta penyebut dengan penyebut. Sedangkan untuk membagi pecahan salah satu pecahan harus dibalik dan pembagian diubah menjadi perkalian. Jadi banyak pembeli yang mendapat kan 5 potongan dodol yang sama ada 7 orang.

Ayo Renungkan

Setelah belajar hari ini, tulislah beberapa hal berikut!
• Sikap yang mana yang sesuai dengan nilai persatuan?
• Sikap baik apa yang kamu pelajari dari temanmu terkait nilai persatuan?

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 33 34 35 36, Subtema 1 Pembelajaran 5
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 18 20 21 24, Subtema 1 Pembelajaran 3

Kegiatan Bersama Orang Tua

Perhatikan lingkunganmu! Adakah contoh-contoh sikap yang sesuai dengan nilai persatuan? Sampaikan dan jelaskan kepada guru dan temanmu!

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pos terkait