Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 27 28 29 30, Subtema 1 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 27 28 29 30, Subtema 1 Pembelajaran 4
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 27 28 29 30, Subtema 1 Pembelajaran 4

HALO BELAJAR – Adik-adik, mari simak kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 SD/MI, pembelajaran 4 berikut ini!

Tema 2 yaitu Persatuan dalam Perbedaan, Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan. Pembelajaran 4 dimulai dari halaman 26 sampai 31. Kunci jawaban merupakan pembahasan dari soal-soal yang berada pada halaman 27, 28, 29, dan 30.

Materi berasal dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018. Adapun pembahasannya berupa ‘menemukan informasi penting melalui unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta menuliskannya pada peta pikiran’, ‘mengembangkan peta pikiran dalam bentuk tulisan’, ‘menemukan sikap yang mencerminkan rukun dalam perbedaan dan manfaatnya’, dan ‘menyelesaikan soal hitung campur dalam bentuk pecahan’.

Bacaan Lainnya

Semoga kunci jawaban ini dapat adik-adik gunakan sebagai pedoman daam belajar. Selain itu, kunci jawaban ini juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 33 34 35 36, Subtema 1 Pembelajaran 5
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 18 20 21 24, Subtema 1 Pembelajaran 3

Kunci Jawaban Halaman 27

Ayo Membaca

Persatuan sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Segala perbedaan yang ada dikesampingkan untuk kepentingan bersama. Terkadang perbedaan yang dimiliki oleh suatu kelompok dapat memperkaya keputusan yang diambil.

Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, terdapat beberapa peristiwa penting yang perlu kita ketahui, di antaranya sebagai berikut.

Tanggal 9 Agustus 1945, Ir. Soekarno, Moh. Hatta dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat pergi ke Dalat, Saigon untuk bertemu dengan Marsekal Terauchi, Panglima Besar Tentara Jepang di Asia Tenggara. Panglima tersebut menyampaikan informasi kepada pemerintah Indonesia bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.

Saat itu tentara Jepang sedang terdesak oleh tentara sekutu. Beberapa wilayah Jepang dijatuhi bom oleh tentara musuh. Untuk menarik simpati rakyat Indonesia, Jepang memutuskan untuk menghadiahkan kemerdekaan.

Pertemuan antara Panglima Jepang dan Pemerintah Indonesia memicu pertentangan di dalam negeri. Terjadilah perbedaan pendapat antara tokoh golongan tua dan golongan muda. Golongan muda tidak ingin kemerdekaan Indonesia diatur oleh Jepang. Mereka menginginkan proses kemerdekaan Indonesia disiapkan oleh bangsa Indonesia tanpa ada campur tangan asing.

Berdasarkan bacaan tersebut, tulislah informasi penting pada peta pikiran berikut!

Jawaban:

– Apa peristiwa yang terjadi pada bacaan di atas?
Pada bacaan di atas terjadi peristiwa Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Pos terkait