Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 11 12 13 14 15 17 18, Subtema 1 Pembelajaran 2

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 11 12 13 14 15 17 18, Subtema 1 Pembelajaran 2
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 11 12 13 14 15 17 18, Subtema 1 Pembelajaran 2

Apa itu penaksiran?

Kamu dapat melakukan penaksiran untuk mempercepat hasil perhitunganmu. Untuk melakukan penaksiran kamu perlu memahami aturan pembulatan kepuluhan terdekat, ratusan terdekat atau ribuan terdekat.

Bacaan Lainnya

Bagaimana cara membulatkan bilangan 22? Kamu dapat menggunakan garis bilangan untuk membantumu melakukan pembulatan. Perhatikan garis bilangan di bawah ini.

Perhatikan jarak bilangan 22 ke bilangan 20 dan 25. Manakah yang lebih dekat? Mengapa? Bilangan 22 lebih dekat 20. Bilangan 22 dapat dibulatkan menjadi 20.

Bag imana cara melakukan penaksiran?
Taksirlah penjumlahan berikut ke puluhan terdekat
123 + 267 = ….

Lakukan pembulatan bilangan dahulu.
123 mendekati 120
267 mendekati 270
Hasilnya 120 + 260 = 380
Jadi, hasil penaksirannya adalah 380.
Untuk operasi pengurangan caranya juga sama dengan cara di atas.

Bagaimana cara melakukan penaksiran ke ribuan? Isilah tabel berikut.

Jawaban:

Kesimpulan.
Bagaimana cara melakukan penaksiran?

Jawaban:

– Penaksiran ke puluhan: membulatkan ke bilangan puluhan terdekat dengan memperhatikan satuan bilangan satuan sebelumnya.
– Penaksiran ke ratusan: membulatkan ke bilangan ratusan terdekat dengan memperhatikan satuan bilangan puluhan sebelumnya.
– Penaksiran ke ribuan: membulatkan ke bilangan ribuan terdekat dengan memperhatikan satuan bilangan ratusan sebelumnya.

Berdasarkan data yang ditemukan oleh Siti. Jawablah pertanyaan berikut. Lakukan penaksiran ke puluhan terdekat.

Jawaban:

Siti 273 = mendekati 270
Edo 324 = mendekati 320
Lani 363 = mendekati 360
Dayu 262 = mendekati 260
Udin 291 = mendekati 290

1. Jumlah air yang digunakan di rumah Siti dan Edo
273 + 324 = 270 + 320 = 590

2. Jumlah air yang digunakan di rumah Lani, Dayu dan Udin 363 + 262 + 291 = 360 + 260 + 290 = 910

3. Jumlah air yang digunakan di rumah Dayu dan Edo
262 + 324 = 260 + 320 = 580

4. Jumlah air yang digunakan di rumah Siti, Edo, Lani, Dayu, dan Udin
273 + 324 + 363 + 262 + 291 = 270 + 320 + 360 + 260 + 290 = 1.500

5. Selisih air yang digunakan di rumah Siti dan Dayu
273 – 262 = 270 – 260 = 10

6. Selisih air yang digunakan di rumah Dayu dan Lani
363 -262 = 360 – 260 = 100

7. Selisih air yang digunakan di rumah Udin dan Edo
324 – 291 = 320 – 290 = 30

Tukarkan jawabanmu dengan temanmu.

Kunci Jawaban Halaman 18

Ayo Berlatih

Lakukan penaksiran operasi hitung berikut.

Jawaban:

1. Bagaimana melakukan penaksiran ke puluhan, ratusan, ribuan?
Jawaban:
– Penaksiran ke puluhan: membulatkan ke bilangan puluhan terdekat dengan memperhatikan satuan bilangan satuan sebelumnya.
– Penaksiran ke ratusan: membulatkan ke bilangan ratusan terdekat dengan memperhatikan satuan bilangan puluhan sebelumnya.
– Penaksiran ke ribuan: membulatkan ke bilangan ribuan terdekat dengan memperhatikan satuan bilangan ratusan sebelumnya.

Pos terkait