Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 108 dan 109, Subtema 2 Pembelajaran 6

2. Rangkailah sebuah puisi yang terdiri atas tiga bait. Masing-masing bait terdiri atas empat baris kalimat sederhana.

3. Gunakan beberapa kata sifat yang menjadi bagian dari gagasan pokok setiap baitnya.

4. Tuliskan kalimat-kalimat dalam baris puisimu di buku catatanmu.

Bacaan Lainnya

5. Periksa dan baca kembali beberapa kali untuk dirasakan keindahan makna dan rimanya. Jika ada yang belum sesuai segera ganti sesuai keinginanmu.

6. Salinlah puisimu pada kertas ukuran A4. Tuliskan dengan rapi agar jelas dibaca.

7. Bacakan puisimu di depan kelas dengan percaya diri.

8. Setelah itu, tukarkan puisimu dengan puisi temanmu.

9. Pahamilah isi puisi temanmu lalu tuliskan makna dan isi puisi pada setiap baitnya pada buku catatanmu. Bacakan hasil pemikiranmu terhadap puisi temanmu di depan kelas

10. Salinlah puisimu di sini lengkap dengan judul dan pembuatnya.

Jawaban:

Hebatnya Seorang Polisi
Karya : Dayu

Tampak sigap derap langkahnya
Seragam cokelat yang rapi
Berjalan tegap menatap ke muka
Siap sedia menjaga ibu pertiwi

Melindungi rakyat tanpa takut
Menjaga keamanan dan ketertiban
Menjaga kedamaian di setiap sudut
Tanpa pamrih penuh pengabdian

Aku ingin menjadi seorang polisi
Gagah berani ayomi negeri
Membela bangsa sepenuh hati
Abdi masyarakat yang sejati

Jawaban:

Makna Puisiku

Seorang polisi yang sidap langkahnya dengan seragam cokelat berjalan tegap siap menjaga negeeri. Melindungi rakyat, menjaga kemanana dan kedamaian dilaksanakan tanpa pamrih dan penuh pengabdian. AKu ingin menjadi seorang polisi yang siap meleindungi negeri, sepenuh hati membela bangsa dan menjadi abdi masyarakat sejati.

Ayo Mencoba

Saatnya mempertunjukkan hasil kerja kelompokmu untuk menarikan tari kreasimu! Lakukanlah langkah-langkah kegiatan berikut!

1. Lakukan latihan sekali lagi untuk menarikan beberapa gerakan yang kamu kreasikan dari tari daerah, misalnya Tari Merak yang berasal dari Jawa Barat.

2. Ikutilah irama dan ketukan dari musik yang mengiringi tari tersebut.

3. Kamu dapat mengenakan properti tari seadanya yang tersedia di sekitarmu.

4. Bekerja samalah dengan teman-teman sekelompokmu agar dapat menghasilkan harmoni yang indah.

5. Mintalah teman-temanmu untuk memberikan masukan terhadap gerakan tari yang kamu ciptakan.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 103 104 106, Subtema 2 Pembelajaran 5

Kegiatan Bersama Orang Tua

Mintalah orang tuamu untuk bercerita tentang tari daerah yang pernah dipelajari ketika mereka masih sekolah, apakah mereka juga menggunakan properti tari? Tuliskan wawancara singkatmu dan ceritakan kepada temantemanmu di kelas.

Pos terkait