2. Siapkan sebuah kertas ukuran A3. Kamu dapat juga menggunakan sebuah kertas karton dengan ukuran yang sama.
3. Buatlah daftar makanan khas Nusantara yang sudah pernah kalian nikmati sebelumnya. Jelaskan dan cari tahu bahan-bahan yang digunakan.
4. Buat juga daftar makanan khas Nusantara yang ingin kamu nikmati. Jelaskan berasal dari daerah mana, dan alasan mengapa kamu ingin mencobanya.
5. Pada bagian yang lain dari postermu, siapkan satu atau dua kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia, misalnya: “Siapa namamu?” Lalu, carilah makna yang sama dalam berbagai bahasa daerah di Nusantara. Pilihlah paling banyak lima bahasa daerah.
6. Gunakan contoh berikut ini untuk membantumu.
7. Tuliskan semua manfaat yang kamu dapatkan dengan mempelajari bahasa daerah dan makanan khas daerah Nusantara.
8. Jelaskan dan presentasikan hasil pekerjaan kelompokmu di depan kelas dengan percaya diri.
Jawaban:
Ayo Renungkan
Puisi manakah yang paling kamu sukai? Mengapa? Nilai-nilai apakah yang kamu pelajari hari ini? Bagaimana peran para penari daerah untuk mempersatukan bangsa? Jelaskan pendapatmu!
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 108 dan 109, Subtema 2 Pembelajaran 6
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 95 96 98 99, Subtema 2 Pembelajaran 4
—
Kegiatan Bersama Orang Tua
Bersama dengan orang tuamu carilah beberapa gambar tari daerah asal kedua orang tuamu. Kamu dan orang tuamu dapat menggunakan media internet, buku, majalah atau Koran untuk mendapatkannya. Mintalah kedua orang tuamu untuk menceritakannya.
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema 6 Cita-Citaku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas IV Tema 6 Cita-Citaku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– mikirbae.com
(Halo Belajar)