3. Gunakan tabel berikut untuk mengorganisiasi informasi yang diperlukan. Kamu dapat menuliskan keterangan atau menempelkan gambar yang sesuai dengan keterangan yang diharapkan.
Jawaban:
Nama tari dan asal | Tari Kreasi Kupu-kupu dari Bali |
Arti dan Makna Tari | Tari kupu-kupu ciptaan I Wayan Beratha adalah sebuah tari yang menggambarkan kedamaian dan keindahan pulau dewata, Bali |
Fungsi tari | Mengekspresikan kehidupan kupu-kupu biru tua |
Jenis gerakan tangan |
|
Jenis gerakan kaki |
|
Jenis gerakan badan |
|
Lagu/musik pengiring | Diiringi dengan alat musik gamelan Bali |
Properti tari | Sampur, penutup kepala dan tiruan sayap kupu-kupu |
Cara menarikan | Kelompok |
Jenis pola lantai | Garis lurus vertikal dan horizontal |
Latihlah beberapa gerakan tari ini bersama dengan teman sekelompok. Kamu dapat menggunakan video untuk mempelajari tari pilihanmu.
4. Presentasikanlah hasil pengamatan dan hasil pencarian informasi tentang tari kreasi daerah tersebut.
5. Carilah satu kelompok tari lainnya untuk melakukan perbandingan dan menemukan persamaan dan perbedaan antara kedua tari kreasi daerah yang berbeda.
6. Presentasikan kembali hasil perbandingan antara kedua tari tersebut di depan kelas dengan percaya diri.
Buatlah kesimpulan terhadap kegiatan di atas dengan menuliskannya di dalam kotak di bawah ini.
Jawaban:
Kesimpulanku:
Tari kreasi daerah masih mengacu pada tari daerah yang sudah ada sebelumnya karena terdapat persamaan yaitu fungsi, gerakan dan iringan tari.
Ayo Renungkan
Adakah hal-hal baru yang kamu dapatkan dalam kegiatan belajar kali ini?
Jawaban:
Hal-hal baru yang saya pelajarai hari ini adalah Perbedaan Bumi dan Bulan, mengaitkan cerita fiksi dengan pengalaman pribadi, karakteristik tari kreasi daerah
Sikap dan keterampilan apa sajakah yang telah kamu kembangkan pada hari ini?
Jawaban:
Sikap yang saya kembangkan adalah percaya diri, rasa ingin tahu, dan kerja sama. Keterampilan yang saya kembangkan adalah : membandingkan, membedakan, mengelompokkan, mengomunikasikan