Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 107 108 109 110 113 114 115 116 117, Subtema 2 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 107 108 109 110 113 114 115 116 117, Subtema 2 Pembelajaran 4
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 107 108 109 110 113 114 115 116 117, Subtema 2 Pembelajaran 4

Jelaskan juga bagaimana peristiwa tersebut berhubungan dengan sila-sila dalam Pancasila yang telah kamu pelajari sebelumnya.

Tuliskanlah hasil diskusimu di atas selembar kertas, lalu bacakanlah secara bergiliran di dalam diskusi kelas. Tempelkanlah hasil diskusimu di papan tulis.

Buatlah sebuah tabel untuk menjelaskan sikap-sikap apa saja yang diperlukan dalam musyawarah dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan.

Bacaan Lainnya

Pada sisi yang lain, sebutkan sikap sebaliknya yang dapat mengganggu atau mengancam terciptanya persatuan dan kesatuan dalam peristiwa tersebut.

Perhatikanlah sikap mana saja yang telah kamu lakukan. Berilah tanda centang (✓) terhadap sikap yang telah kamu lakukan dan tanda silang (x) untuk sikapsikap yang tidak ingin kamu lakukan.

Jawaban:

Tabel Sikap dalam Musyawarah yang Mendorong Persatuan dan Kesatuan & Tabel Sikap dalam Musyawarah yang Mengancam Persatuan dan Kesatuan

Kunci Jawaban Halaman 117

Ayo Membaca

Peristiwa pengambilan mufakat secara musyawarah merupakan salah satu peristiwa persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Peristiwa tersebut dapat mempersatukan masyarakat untuk mencapai tujuan bersama. Lakukanlah kegiatan berikut ini bersama dengan teman sekelasmu.

1. Tentukan satu atau tiga tema musyawarah untuk mengerjakan sebuah proyek bersama, misalnya “Menyelenggarakan Lomba Membuat Poster Cinta Tanah Air dan Bangsa di Sekolah”; atau “Menyelenggarakan Kegiatan Bakti Sosial di Rumah-rumah Ibadah di Sekitar Sekolah”; atau “Menyelenggarakan Kegiatan Jalan Bersama untuk Aksi Cinta Indonesia”.

2. Pilihlah satu atau dua orang untuk memimpin musyawarah.

3. Pilih satu orang untuk mencatat hasil musyawarah.

4. Hal-hal yang dimusyawarahkan:
a. Tujuan kegiatan sehubungan dengan usaha meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.
b. Bentuk kegiatan
c. Cara melaksanakan kegiatan
d. Pembentukan panitia pelaksana kegiatan
e. Pembagian tugas setiap bagian kegiatan

5. Di akhir kegiatan, setiap siswa akan melakukan refleksi terhadap proses musyawarah dengan menjawab pertanyaan berikut ini:

a. Bagaimana proses berjalannya musyawarah?
Musyawarah berjalan lancar dan tertib

b. Perbedaan pendapat apa saja yang telah muncul?
Tidak ada.

c. Bagaimana cara pencapaian mufakat dari perbedaan pendapat tersebut?
Mufakat diperoleh dengan menyatukan semua pendapat peserta musyawarah.

d. Bagaimana peran pemimpin diskusi? Sikap dan keterampilan apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi pemimpin diskusi?
Tugas ketua diskusi adalah membuka dan menutup diskusi, membangkitkan inat anggota untuk menyampaikan gagasan, menengahi anggota yang berdebat, serta mengemukakan kesimpulan hasil diskusi.. Sikap : Adil, cermat, dan teliti.

Pos terkait