HALO BELAJAR – Simak di bawah ini kunci jawaban Tema 8 Kelas 6 SD/MI halaman 11, 13, 14, 15, 16, dan 18, Pembelajaran 2.
Pembelajaran 2 yang mulai dari halaman 9 sampai 19, merupakan materi Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya, Tema 8 Bumiku.
Buku Tema 8 Kelas 6 yang dibahas di bawah ini merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.
Kunci jawaban Tema 8 Kelas 6 di bawah ini diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 22 23 25 26 27 28, Subtema 1 Pembelajaran 3
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 2 3 6 7, Subtema 1 Pembelajaran 1
Kunci Jawaban Halaman 11
Ayo Mengamati
Saat bangun pagi, Udin teringat akan mimpinya semalam. Ia bermimpi bertemu dengan teman-teman lama yang berada di daerah lain di Indonesia. Udin rindu ingin bertemu dengan mereka. Ia kemudian bertanya dalam hati, sedang melakukan apakah mereka di sana sepagi ini?
Yuk, kita amati kegiatan teman-teman Udin di bawah ini.
Amati kembali peta perbedaan waktu yang disajikan di halaman sebelumnya. Tuliskan perbedaan waktu yang kamu temui berdasarkan wilayah pada peta. Bagaimana perbedaan itu memengaruhi kegiatan teman-teman Udin yang diceritakan di atas?
Menurutmu, apa penyebab perbedaan waktu tersebut?
Jawaban:
Penyebab perbedaan waktu adalah akibat rotasi bumi pada orbitnya sehingga terjadi perbedaan waktu, dimana bagian timur Bumi mengalami matahari terbit terlebih dahulu.
Dari cerita tentang kegiatan teman-teman Udin yang tinggal di tempat berbeda, apa yang dapat kamu simpulkan?
Jawaban:
Perbedaan waktu di bumi akibat rotasi bumi berpengaruhi pada kegiatan sehari hari manusia.
Kunci Jawaban Halaman 13
Ayo Mengamati
Wilayah Indonesia dibagi menjadi tiga daerah waktu. Pembagian ini menyebabkan adanya perbedaan waktu. Perbedaan waktu ini akan memengaruhi kegiatan sehari-hari.
Kegiatan Udin berbeda dengan kegiatan teman-temannya yang berada di daerah lain pada waktu yang sama. Perbedaan tersebut ada hubungannya dengan pembagian waktu di Indonesia. Oleh karena itu, Udin ingin mengetahui apa yang menjadi dasar pembagian waktu di Indonesia.
Udin juga ingin mengetahui pembagian waktu di dunia. Kamu akan membantu Udin untuk memahaminya melalui kegiatan berikut.
1. Amati gambar peta berikut atau bola dunia yang ada di kelasmu!
2. Amati garis yang melintang pada globe/ petamu yang membelah Bumi menjadi belahan utara dan selatan !
3. Amati pula garis membujur yang membelah Bumi menjadi belahan barat dan timur !