Jawaban:
Carilah kalimat utama dari setiap paragraf pada teks “Sejarah Penggunaan Telepon”! Kumpulan kalimat utama dari tiap paragraf dapat membentuk suatu ringkasan. Tuliskan ringkasan informasi dari teks tersebut!
Jawaban:
Telepon digunakan untuk menyampaikan pesan suara. Telepon muncul pertama kali pada tahun 1800-an. Selanjutnya, ada satelit telepon. Sekarang, jaringan telepon bergerak melalui satelit.
Bacakan ringkasan informasimu pada guru atau temanmu!
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 138
Ayo Berkreasi
Dayu dan teman-teman membuat telepon kaleng. Lani dan Udin membawa kaleng bekas susu kental manis. Edo dan Beni menyiapkan benang kasur. Sementara itu, Dayu dan Siti membawa kertas dan lem untuk hiasan.
Amati langkah-langkah membuat “telepon kaleng” berikut!
Penampilan telepon kaleng akan semakin menarik jika diberi hiasan. Salah satu motif hiasan adalah pola hiasan dari Toraja.
Amati pola hiasan Toraja berikut!
Hiasan akan menambah keindahan suatu benda. Ayo kita buat pola hiasan untuk menghias telepon kaleng! Buatlah hiasan sesuai keinginanmu!
Jawaban:
Siapkan selembar kertas seukuran kaleng. Kemudian, salin hasil karya hiasan yang telah dibuat! Warnai gambarmu! Tempelkan gambarmu pada kaleng. Kini penampilan telepon kalengmu semakin menarik bukan?
Ayo Mengamati
Setelah menghias kaleng, Lani menunjukkan gambar yang ia buat. Udin mengusulkan agar gambar Lani diberi bingkai. Dayu menawarkan untuk membantu Lani membuat bingkai. Lani pun setuju. Untuk membuat bingkai,
Dayu harus mengetahui keliling dari kertas gambar milik Lani. Keliling bangun datar adalah jumlah ukuran dari sisi-sisi yang membentuk bangun tersebut.
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 140
Ayo Berlatih
Buatlah gambar sebuah bangun datar! Tunjukkan keliling dari bangun tersebut kepada guru atau temanmu!
Jawaban:
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 SD Halaman 145 146 148 149, Subtema 3 Pembelajaran 4
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 SD Halaman 128 129 131, Subtema 3 Pembelajaran 2
—
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua dapat mengajak siswa untuk mengidentifikasi keliling dari berbagai benda yang ada di sekitar rumah.
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 7 Perkembangan Teknologi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas III Tema 7 Perkembangan Teknologi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.