1. Apa arti dari pangan?
Jawaban:
Pangan artinya makanan.
2. Apakah hasil panen pertanian dan peternakan dapat bertahan lama?
Jawaban:
Hasil pertanian dan peternakan tidak dapat bertahan lama.
3. Bagaimana cara mengolah hasil panen?
Jawaban:
Mengolah hasil panen dilakukan dengan teknologi pangan.
4. Apa saja contoh makanan yang terbuat dari kacang kedelai?
Jawaban:
Kacang kedelai dapat dibuat menjadi tahu, tempe, dan kecap.
5. Apa manfaat dari teknologi pangan?
Jawaban:
Teknologi pangan mengolah makanan agar tahan lama.
Tuliskan 5 hal yang kamu ketahui setelah membaca teks “Teknologi Pangan”!
Jawaban:
1. Pangan artinya makanan
2. Hasil pertanian dan peternakan tidak bisa bertahan lama
3. Hasil pertanian dan peternakan diolah dengan menggunakan teknologi pangan
4. Teknologi pangan mengolah makanan agar tahan lama
5. Hasil panen berlimpah dapat diolah menjadi makanan baru
Ayo Mengamati
Ibu Edo sedang membuat tahu. Edo mengajak teman-teman untuk melihatnya. Semua tertarik dan ingin belajar membuat tahu. Cara membuat tahu cukup mudah. Pertama, ibu menghaluskan dan merebus kedelai.
Hasil rebusan disaring hingga tak ada ampas. Kemudian, hasil rebusan dimasak lagi hingga menjadi susu kedelai. Setelah diberi cuka dan didinginkan, adonan tahu siap dicetak.
Edo dan teman-teman menghitung banyak tahu yang menutupi seluruh permukaan kain A dan kain B.
Banyak tahu yang menutupi permukaan kain A ada 8. Permukaan kain B ditutupi oleh 16 tahu berbentuk persegi. Berapakah luas dari kain A dan kain B? Maka, luas kain A adalah 8 satuan persegi dan luas kain B adalah 16 satuan persegi.
Kunci Jawaban Halaman 11
Ayo Berlatih
Amati gambar-gambar di bawah ini. Hitunglah luas dari setiap gambar berikut.
Jawaban:
Luas bidang A adalah 7 satuan
Luas bidang B adalah 10 satuan
Luas bidang C adalah 6 satuan
Luas bidang D adalah 7 satuan
Luas yang paling kecil adalah bidang C
Luas yang paling besar adalah bidang B
Bidang A dan D pada gambar memiliki luas yang sama.
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 14 18 19 20, Subtema 1 Pembelajaran 2
—
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua bersama siswa mencoba mengukur luas benda-benda yang ada di rumah, seperti meja makan dengan menggunakan alat ukur tidak baku. Contoh alat ukur tidak baku yang dapat digunakan adalah kertas atau buku.
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 7 Perkembangan Teknologi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas III Tema 7 Perkembangan Teknologi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– mikirbae.com