Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 129 130 131 132 133 134, Subtema 3 Pembelajaran 3

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 110 129 130 131 133, Subtema 3 Pembelajaran 3
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 110 129 130 131 133, Subtema 3 Pembelajaran 3

Hingga kini, kedua gedung yang menjadi simbol toleransi dan persatuan itu tetap kukuh berdiri, meski arsiteknya telah tiada. Tak hanya berkarya membuat Masjid Istiqlal, beberapa gedung bersejarah telah dirancangnya. Sepanjang hayatnya ia telah ikut merancang 700 bangunan di seluruh Indonesia. Bangunan tersebut antara lain Gedung Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta/1962), Monumen Pembebasan Irian Barat (Jakarta/1963), Monumen Nasional atau Tugu Monas (Jakarta/1960), Gerbang Taman Makam Pahlawan Kalibata (Jakarta/1953), dan Tugu Khatulistiwa (Pontianak/1938).

Sumber:
http://megapolitan.kompas.com;
http://nasional.kompas.com;
https://id.wikipedia.org/wiki/Frederich_Silaban

Lengkapilah diagram berikut ini berdasarkan bacaan di atas!
Jawaban:

Bacaan Lainnya

Apa saja prestasi yang telah diraih Frederich Silaban dengan usaha dan kerja kerasnya?
Jawaban:
Prestasi yang di raih Frederich Silaban adalah menerima anugerah Tanda Kehormatan Bintang Jasa Sipil berupa Bintang Jasa Utama dari pemerintah serta sepanjang hayatnya ia telah ikut merancang 700 bangunan di seluruh Indonesia.

Apa kesimpulanmu terhadap usaha Frederich Silaban untuk meraih citacitanya?
Jawaban:
Frederich silaban bukanlah seorang yang lulusan sekolah arsitektur tetapi dengan usaha yang gigih dan pantang menyerah karya-karyanya beliau banyak dikenal di seluruh Indonesia.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 130

Ayo Mengamati

Perhatikanlah gambar tempat ibadah umat beragama di Indonesia di atas dengan saksama. Dapatkah kamu menjelaskan gambar-gambar di atas? Apakah tempat-tempat ibadah itu ada di daerahmu?
Jawaban:
Indonesia adalah negara dengan beragam agama. Begitu juga dengan tempat ibadahnya. Semua tempat ibadah ada di Indonesia. Umat muslim beribadah di masjid. Umat kristen beribadah di gereja. Umat hindu beribadah di pura. Umat buddha beribadah di vihara. Umat khonghucu beribadah di klenteng.  Beberapa dari tempat-tempat beribadah tersebut ada di daerah saya, seperti masjid, gereja, dan klenteng. Untuk tempat beribadah lainnya tersebar pada banyak daerah di Indonesia.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 131 dan 132

Ayo Berlatih

Masyarakat Indonesia terdiri atas pemeluk agama yang berbeda-beda. Umat beragama dari tiap-tiap agama memerlukan tempat beribadah untuk memenuhi kebutuhan rohani mereka. Setiap tempat ibadah memiliki bentuk dan pengaturan yang khas.

Amatilah daerah sekitarmu. Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut.
1. Kamu akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok akan mencari informasi tentang dua tempat ibadah keagamaan.
2. Carilah informasi tentang rumah ibadah dari dua agama yang berbeda di Indonesia. Tentukan satu tempat ibadah yang paling terkenal di Indonesia. Catatlah informasi tentang nama, tahun berdiri, dan sejarah singkat tentang tempat ibadah tesebut.
3. Carilah gambar tentang rumah ibadah tersebut. Cari tahu makna setiap bagian bangunan ibadah tersebut.
4. Dengan menggunakan sebuah kertas karton ukuran A3, tempelkan gambar rumah ibadah tersebut dan berilah keterangan di bawahnya.
5. Tuliskanlah juga fungsi dan kegunaan tempat ibadah tersebut selain untuk beribadah umatnya.
6. Aturlah sedemikian rupa pada kertas tersebut sehingga memudahkan bagi temanmu untuk memahaminya. (Gunakan contoh di bawah ini).
7. Jelaskan kesimpulanmu tentang kedua rumah ibadah tersebut.
8. Presentasikan hasil karyamu di depan kelas.
9. Catatlah informasi penting yang kamu dapatkan dari kelompok lain.

Pos terkait