Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 153 154 155 159 160, Subtema 4 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 153 154 155 159 160, Subtema 4 Pembelajaran 1
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 153 154 155 159 160, Subtema 4 Pembelajaran 1

Diskusikan bersama kelompokmu! Apa yang dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan listrik? Sampaikan hasilnya di depan teman-teman!

Jawaban

Beberapa cara menghemat energi listrik antara lain sebagai berikut :
– Menggunakan alat-alat listrik yang hemat energi
– Membuka jendela pada siang hari dan tidak menyalakan lampu pada siang hari.
– Menyalakan peralatan listrik hanya saat digunakan saja (mengurangi waktu pemakaian).
– Mengganti lampu pijar dengan lampu neon ( lampu neon lebih hemat listrik)
– Menanam pohon di sekitar rumah supaya sejuk sehingga kita tidak perlu menggunakan penyejuk ruangan.
– Menggunakan matahari untuk mengeringkan cucian sehingga mengurangi penggunaan mesin cuci.
– Tidak membiarkan alat-alat listrik menyala jika tidak dipakai.
– Jika menggunakan pompa air otomatis, lengkapilah dengan tangki penampung air.

Bacaan Lainnya

Sore hari angin bertiup lebih kencang. Dayu senang sekali bermain kincir angin buatannya. Dayu bermain di depan jendela kamarnya. Angin kencang membuat kincir angin berputar lebih kencang. Mainan kincir angin tidak memerlukan listrik. Dayu menghemat penggunaan listrik.

Ayo Berkreasi

Edo dan Beni akan membuat kincir angin. Alat dan bahan yang disiapkan adalah sebagai berikut.
Siapkan :

Alat dan Bahan

– Kertas lipat warna-warni (kertas origami)
– Lem
– Sedotan plastik tebal
– Gunting
– Karton atau kain flanel yang telah digunting berbentuk lingkaran kecil
– Paku payung berwarna
– Penggaris

Langkah-langkah kegiatan:

– Baliklah kertas lipat origami.Buatlah garis miring/ diagonal pada kertas lipat tersebut. Beri tanda titik pada jarak 6 cm.
– Guntinglah ujung kertas mengikuti garis miring/ diagonal sampai tanda titik (6 cm).
– Tariklah semua ujung kertas yang sudah digunting ke bagian tengah.
– Tusukkan sedotan pada bagian tengah dengan paku payung sehingga menjadi batang kincir angin.
– Tempelkan kain flanel/ karton berbentuk lingkaran agar ujung paku payung tertutup.

Kincir angin buatan Beni dan Edo telah selesai. Kincir angin milik Beni lebih besar dari milik Edo. Kertas yang digunakan Beni lebih besar. Kertas yang digunakan Edo lebih kecil. Keduanya menggunakan kertas yang berbeda ukurannya.

Ayo Berlatih

Kertas Beni lebih besar dari kertas Edo. Jadi keliling kertas Beni berbeda dari kertas Edo. Akibatnya luas kertas Beni berbeda dari kertas Edo. Kalian sudah belajar cara menentukan keliling. Dapatkah kamu menentukan luas kertas Beni dan Edo?

Perhatikan kembali cara menentukan keliling dan luas dengan menggunakan alat ukur tidak baku.

Pos terkait