Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 107 108 109 110 111, Subtema 2 Pembelajaran 6

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 107 108 109 110 111, Subtema 2 Pembelajaran 6
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 107 108 109 110 111, Subtema 2 Pembelajaran 6

HALO BELAJAR – Berikut disajikan kunci jawaban Pembelajaran 6, Subtema 2, Tema 3, untuk Kelas 6 SD/MI. Adik-adik dapat menggunakan kunci jawaban ini sebagai pedoman dalam belajar. Orang tua dan guru juga dapat menjadikan kunci jawaban ini pedoman dalam mengoreksi jawaban siswa.

Kunci jawaban berdasarkan pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018. Subtema 2 Penemu dan Manfaatnya, Tema 3 Tokoh dan Penemuan. Pembelajaran 6 yang mulai dari halaman 105 sampai 112. Sementara itu, untuk pembahasan soal terdapat pada halaman 107, 108, 109, 110, dan 111.

Materi pada pembelajaran 6 ini meliputi ‘menemukan informasi penting pada teks eksplanasi ilmiah tentang penemuan pensil’, ‘menjawab pertanyaan berdasarkan cerita Kewajiban dan Tanggung Jawab’, dan ‘menuliskan Hak dan Tanggung Jawab di Rumah dan di Sekolah’.

Bacaan Lainnya

Nah, mari kita simak bersama kunci Jawaban Buku Tema 3 Kelas 6 Halaman 107, 108, 109, 110, dan 111, Subtema 2 Pembelajaran 6 berikut!

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 115 116 117 118 119, Subtema 3 Pembelajaran 1
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 99 100 101 103, Subtema 2 Pembelajaran 5

Sebelum berolahraga, baca informasi berikut untuk memperkaya pengetahuanmu tentang sejarah penemuan beberapa cabang olahraga.

Sejarah Penemuan Badminton

Nama badminton berasal dari sebuah rumah/istana di kawasan Gloucester-shire, sekitar 200 kilometer sebelah barat London, Inggris. Badminton House, demikian nama istana tersebut, menjadi saksi sejarah bagaimana olahraga ini mulai dikembangkan menuju bentuknya sekarang. Di bangunan tersebut, sang pemilik, Duke of Beaufort dan keluarganya pada abad ke-17 menjadi aktivis olahraga ini.

Akan tetapi, Duke of Beaufort bukanlah penemu permainan itu. Badminton hanya menjadi nama karena dari situlah permainan ini mulai dikenal di kalangan atas dan kemudian menyebar. Badminton menjadi satu-satunya cabang olahraga yang namanya berasal dari nama tempat.

Kunci Jawaban Halaman 107 dan 108

Ayo Membaca

Usai berolahraga, kita akan kembali belajar. Pensil adalah benda yang selalu membantu kita saat belajar. Amatilah pensil tersebut. Tahukah kamu asal-usul pensil tersebut? Apa manfaat pensil?

Baca teks eksplanasi ilmiah berikut dengan teliti!

Pensil, Si Kecil yang Amat Penting

Pernahkah terbayang olehmu gimana sih manusia bikin tanda dan tulisan sebelum ditemukannya pensil? Bagaimana proses penemuan pensil hingga menjadi bentuk pensil seperti sekarang dengan proses pembuatan yang lebih moderen?

Jaman dulu, manusia menggambar dan menulis dengan menggoreskan ujung pisau ke batang pohon. Lalu pada masa Romawi Kuno, sebilah logam tipis dipake untuk membuat goresan pada batu dan lembar daun papirus. Perkembangan pensil dimulai sejak ditemukannya grafit pada tahun 1564 di Borrowdale, Inggris. Grafit ditemukan sebagai material yang dapat meninggalkan tanda hitam yang cukup pekat, namun terbukti lunak dan gampang patah. Untuk itu, grafit membutuhkan tangkai pemegang. Pada mulanya, grafit hanya dibungkus oleh tali yang terbuat dari kulit domba. Terus, ditemukan cara untuk memasukkan grafit di antara dua bilah kayu yang dilubangi. Ketika itulah mulai dikenal alat tulis yang kini dinamakan pensil.

Pos terkait