Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 35 36 37 38, Subtema 1 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 35 36 37 38, Subtema 1 Pembelajaran 4
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 35 36 37 38, Subtema 1 Pembelajaran 4

Bermusyawarahlah bersama seluruh teman di kelasmu! Musyawarah tentang cara mengurangi sampah plastik di sekolah. Tuliskan hasil musyawarah pada kolom di bawah ini!

Jawaban:

Hasil musyawarah tentang cara mengurangi sampah plastik di sekolah

Bacaan Lainnya

1. Udin: mengisi kembali botol minuman bekas dengan air matang dari rumah jika ke sekolah (reuse).
2. Budi: memanfaatkan ulang botol/wadah plastik untuk pot tumbuhan atau bentuk pekerjaan tangan yang lain.(reuse)
3. Siti: kemasan botol plastik digunakan lagi sebagai wadah minyak goreng bekas atau tempat sabun cair.(reuse)
4. Dayu: pilih produk dalam kemasan kertas dibandingkan plastik. Kertas bisa terurai secara alami dibandingkan plastik (reduce)
5. Edo: tidak menggunakan kemasan apapun berbahan dasar plastik untuk membawa atau membungkus nasi atau makanan lain. Gunakan daun pisang atau rantang.(reduce)
6. Wawan: tidak membuang sampah plastik di sembarang tempat, melainkan membuangnya ditempat yang telah disediakan bagi sampah plastik. (recycle)
7. Santi: mengumpulkan dan memberikan sampah plastik kepada pemulung, tidak membuang dan membakarnya.(recycle)

Kesimpulan musyawarah:

Penerapan sistem 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) menjadi salah satu solusi dalam menjaga lingkungan di sekitar kita yang murah dan mudah untuk dilakukan di samping mengolah sampah menjadi kompos atau memanfaatkan sampah menjadi sumber listrik (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah).

Selain itu, penerapan 3R ini juga dapat dilakukan oleh setiap orang dalam kegiatan sehari-hari. 3R terdiri dari Reuse, Reduce, dan Recycle. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Dan Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

Jawablah pertanyaaan di bawah ini!

1. Apakah pendapatmu disampaikan di depan kelas?
Jawaban:
Ya, pendapatku disampaikan di depan kelas.

2. Apakah kamu mempunyai kesempatan untuk menyampaikan pendapat di depan kelas?
Jawaban:
Ya, saya berkesempatan menyampaikanpendapat di depan kelas.

3. Apakah hasil musyawarah sesuai pendapatmu?
Jawaban:
Hasil musyawarah sesuai dengan kesepakatan bersama.

4. Apakah kamu akan menjalankan hasil musyawarah di kelas?
Jawaban:
Ya, saya menjalankn hasil musyawarah tersebut karen merupakan keputusan bersama dan merupakan suatu kewajiban untuk menjalankannya.

5. Pentingkah bagi kamu memberikan pendapat saat musyarawah dilakukan? Tuliskan alasanmu!
Jawaban:
Menurutku memberikan pendapat saat musyawarah adalah penting karena dapat menyumbangkan ide/gagasan sendiri untuk kepentingan bersama.

Pos terkait