Diskusikan secara berkelompok. Apa yang dapat kamu lakukan untuk menghemat kertas? Tuliskan hasil diskusi kelompokmu. Perhatikan penggunaan huruf besar dan tanda baca yang tepat!
Jawaban:
Hal yang dapat dilakukan untuk menghemat kertas
– Gunakan kertas pada kedua sisi kertas.
– Menggunakan kertas daur ulang.
– Mengurangi penggunaan tisu.
– Menggunakan buku tulis lama yang halamannya belum terpakai.
Kunci Jawaban Halaman 26 dan 27
Ayo Mencoba
Kamu telah membaca wacana di atas. Wacana tentang “Kertas di Sekitar Kita”.
Carilah arti kata berikut dengan tepat! Kamu dapat bertanya kepada gurumu. Kamu juga dapat mencari di kamus Bahasa Indonesia.
Jawaban:
1. Selulosa: selulosa adalah karbohidrat kompleks atau polisakarida yang ditemukan dalam struktur dinding sel semua tumbuhan.
2. Lunak: lembut; empuk.
3. Molekul: bagian terkecil senyawa yang terbentuk dari kumpulan atom yang terikat secara kimia
4. Ampas: sisa barang yang telah diambil sarinya atau patinya
5. Pulp: bubur kertas
6. Pipih: tipis rata
7. Menyerap: meresap, merembes
8. Kardus: karton
9. Serat: sel atau jaringan serupa benang atau pita panjang, berasal dari hewan atau tumbuhan
10. Menggiling: melumatkan (memipihkan) sesuatu
Buatlah kalimat dengan menggunakan kosakata di atas!
Jawaban:
1. Selulosa ditemukan dalam jumlah besar di hampir semua tanaman.
2. Singkong akan menjadi lunak setelah direbus.
3. Molekul merupakan bagian terkecil dari senyawa.
4. Ibu membuang ampas kopi ke tempat sampah.
5. Pulp merupakan bahan dasar pembuat kertas.
6. Piring makan merupakan benda berbentuk pipih.
7. Saat cuaca panas sebaiknya menggunakan baju yang menyerap keringat.
8. Televisi baru biasanya dikemas dalam kardus.
9. Serat kapas merupakan bahan pembuat sandang.
10. Para petani menggiling biji kopi yang sudah digoreng.
Ayo Bernyanyi
Kertas dapat digunakan untuk menulis. Apakah kertas juga dapat digunakan untuk membuat alat musik? Ternyata, tidak dapat. Mengapa? Karena, alat musik sebagian besar terbuat dari kayu berpadu dengan kulit hewan. Contohnya antara lain gendang. Cara memainkannya dengan dipukul.Kamu dapat bernyanyi diiringi gendang atau dengan bertepuk tangan.
Bentuklah kelompok terdiri atas 4 atau 6 orang siswa. Setiap kelompok memilih dua jenis benda yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian.
Berlatihlah untuk mengiringi lagu “Teka-Teki”. Lagu ini telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya.
Setiap kelompok akan mendapat giliran untuk menampilkan kemampuannya. Setelah bergiliran, tampillah secara bersama-sama! Lakukan dengan percaya diri!