Jawaban:
Pak Udin memiliki sawah seluas 8,4 hektar. Seperempat bagian dari sawah tersebut dipakai untuk menanam cabe dan sepertiga bagian ditanami kacang kacang panjang. Sisanya ditanami melon. Berapakah luas sawah yang ditanami melon?
Tukarkan soal yang telah kamu buat dengan salah seorang teman dan minta teman tersebut menjawabnya. Diskusikan jawabannya bersama-sama!
Diketahui:
Luas sawah = 8,4 hektar
Menanam cabe = 1/4 bagian = 0,25 x 8,4 = 2,1 hektar
Menanam kacang panjang = 1/3 bagian = 0,33 x 8,4 = 2,8 hektar
Sisanya ditanami melon
Ditanya:
Luas sawah yang ditanami ?
Jawaban:
Luas sawah yang ditanami melon = Luas sawah keseluruhan – Luas yang ditanami cabe – Luas yang ditanami kacang panjang
= 8,4 – 2,1 – 2,8
= 3,5
Jadi, luas sawah Pak Udin yang ditanami melon adalah 3,5 hektar.
B. Selesaikan soal-soal hitung campur berikut!
Jawaban:
1. 6 3/5 + 0,725 = 6,6 + 0,725 = 7,325
2. 45,673 − 0,986 + 3/4 = 45,673 − 0,986 + 0,75 = 45,437
3. 12 4/8 − 9,5 + 0,25 = 12,5 − 9,5 + 0,25 = 3,25
4. 0,095 + 0,48 − 1/4 = 0,095 + 0,48 − 0,25 = 0,325
5. Buatlah soal hitung campur sendiri!
– 5 1/3 + 0,25 = 5,33 + 0,25 = 5,58
– 9 4/8 − 2,5 + 3,45 = 9,5 − 2,5 + 3,45 = 10,45
– 0,195 + 5,48 − 3/8 = 0,195 + 5,48 − 0,375 = 5,3
Tukarkan soal tersebut dengan salah seorang temanmu. Minta temanmu menjawab soal tersebut. Diskusikan jawabannya bersama-sama!
Ayo Renungkan
• Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
• Apa yang sudah kamu pahami dengan baik?
• Apa yang belum kamu pahami?
• Apa yang akan kamu lakukan agar lebih paham?
• Sikap apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari?
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 95 dan 96, Subtema 2 Pembelajaran 6
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 78 79 80 82 83, Subtema 2 Pembelajaran 4
—
Kegiatan Bersama Orang Tua
Amati jenis hewan lain yang ada di sekitar rumahmu! Identifikasi ciri-ciri hewan tersebut dan ciri-ciri habitatnya! Deskripsikan secara tertulis hasil pengamatanmu!
• Ajaklah orang tua di rumah untuk membuat satu kegiatan yang melibatkan semua anggota keluarga! Kegiatan tersebut harus memiliki manfaat bagi semua anggota keluarga.
• Tentukan tujuan, pembagian tugas, dan bekerja samalah dengan baik!
• Tulis laporan dari kegiatan yang kamu lakukan dan kumpulkan kepada guru!
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.