HALO BELAJAR – Berikut ini disajikan kunci jawaban untuk kelas 6 SD/MI. Adik-adik dapat menggunakannya sebagai pedoman untuk belajar.
Kunci jawaban membahas tentang pembelajaran 2 yang dimulai dari halaman 52 sampai 62. Kunci jawaban membahas soal yang terdapat pada halaman 53, 54, 55, 58, 60, 61, dan 62, pembelajaran 2, Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan, Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan.
Kunci jawaban ini juga disertai materi yang sesuai dengan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018. Materi tersebut meliputi ‘menuliskan contoh tentang manfaat persatuan dan kesatuan’, ‘mempraktikkan pola lantai tari daerah’, dan ‘membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal’.
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 ini juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 66 67 68 70 71 72 73, Subtema 2 Pembelajaran 3
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 45 46 47 48 49 50, Subtema 2 Pembelajaran 1
Kunci Jawaban Halaman 53 dan 54
Ayo Membaca
Meskipun Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke dengan penduduk yang berasal dari latar belakang dan kebudayaan yang berbeda-beda, namun dengan semangat persatuan dan kerja sama, bangsa Indonesia mampu mengusir penjajah dari bumi Indonesia.
‘Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh’ adalah semboyan yang sering didengungkan untuk meningkatkan semangat persatuan pada masa penjajahan.
Amati gambar dan baca teks berikut dalam hati!
Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama
Matahari belum tinggi ketika Edo, Dayu, dan teman-temannya bermain di halaman sekolah. Ada yang bermain lompat karet, ada yang bermain Petak Jongkok, ada yang bermain Congklak di selasar kelas, dan sebagian lagi ikut dalam permainan Rangku Alu.
Edo, Dayu, Siti, Udin, Beni, dan Lani memilih ikut permainan Rangku Alu bersama beberapa teman lain. Mereka memang lebih suka dengan permainan olah tubuh di luar ruangan.
Baru beberapa hari yang lalu, teman baru mereka, Yanes yang memperkenalkan permainan ini. Yanes berasal dari Alor, Nusa Tenggara Timur. Permainan yang menggunakan tongkat bambu ini adalah permainan anak yang digemari di sana. Edo, Dayu, dan teman-teman di SD Nusantara senang sekali mengenal permainan baru ini.
“Seru dan menantang!” kata mereka.
Anak-anak di SD Nusantara justru gembira menyambutnya. Perbedaan warna kulit, adat, kebiasaan, bahasa, atau agama tidak mereka anggap sebagai masalah. Semua akrab bermain bersama. Pernah sekali waktu, ketika Edo bercanda akrab dengan Siti dan Dayu, Hendra berkomentar, “Ih, Dayu, mau-maunya kamu bermain dengan Edo yang berkulit hitam. Nanti kulitmu yang putih tertular hitam, lho!” ejeknya.