• Tugas kelompokmu adalah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang ciri tumbuhan dan habitatnya, mencatatnya, dan mendiskusikannya dalam kelompok.
• Pilih satu tanaman, lalu temukan ciri-ciri dan cara beradaptasinya. Tuliskan informasi yang kamu dapatkan pada peta pikiran berikut!
Jawaban:
– Apa nama bagian tubuh teratai yang menjalar?
Teratai memiliki tangkai daun yang menjalar.
– Mengapa teratai memiliki akar di bawah air?
Teratai memiliki akar di bawah air dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan air.
– Siapa penemu pertama bunga teratai?
Penemu bunga teratai pertama kali yaitu Suku Nymphaeaceae.
– Di mana tempat teratai tumbuh?
Teratai tumbuh di air.
– Kapan bunga teratai membutuhkan cahaya matahari?
Bunga teratai membutuhkan cahaya matahari saat berfotosintesis.
– Bagaimana cara teratai menyerap cahaya matahari sebanyak-banyaknya?
Teratai memiliki daun bundar dan tipis untuk dapat menyerap cahaya matahari sebanyak-banyaknya.
Tulislah laporan berdasarkan informasi yang kamu tulis pada peta pikiranmu!
Jawaban:
Teratai tumbuh di air. Penemu bunga teratai pertama kali yaitu Suku Nymphaeaceae. Teratai memiliki tangkai daun yang menjalar. Teratai memiliki akar di bawah air dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan air. Teratai memiliki daun bundar dan tipis untuk dapat menyerap cahaya matahari sebanyak-banyaknya. Bunga teratai membutuhkan cahaya matahari saat berfotosintesis.
Kamu bisa menyampaikan tulisanmu kepada teman dalam kelompokmu, kemudian menyerahkan kepada gurumu. Seperti tumbuhan, manusia memiliki cara berbeda dalam beradaptasi. Perbedaan yang ada bukan untuk dipermasalahkan, namun untuk disyukuri.
Ayo Renungkan
Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini? Hal paling menarik apa yang kamu pelajari? Mengapa?
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 9 10 11 12 14 15, Subtema 1 Pembelajaran 2
Baca juga: Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 6 SD Halaman 163 164, Aku Cinta Membaca, ASEAN, Organisasi Regional Asia Tenggara
—
Kerjasama Dengan Orang Tua
Perhatikan lingkungan rumahmu! Bagaimana tanaman di sekitarmu beradaptasi? Diskusikan dengan orang tuamu, lalu sampaikan hasilnya kepada guru dan temanmu!
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.