Jawaban
Gerakan tari kreasi tersebut tidak sulit diperagakan. Pertama kali, gerakan dilakukan dengan melangkah maju, kepala menengok mengikuti langkah kaki.
Lalu, kaki kanan diangkat, kemudian ditapakkan ke samping. Setelah itu, jinjit di belakang kaki kiri. Belajar menari kreasi sangat menyenangkan.
Kunci Jawaban Halaman 69
Ayo Mengamati
Buatlah kelompok terdiri atas 5 anak. Lakukan pengamatan terhadap sebuah tarian kreasi daerah bersama teman satu kelompokmu.
Cermati tahapan penampilan karya tari kreasi daerah tersebut. Tuliskan unsur-unsur tari dari tarian yang kamu amati.
Jawaban
Ayo Renungkan
Tarian daerah merupakan contoh jenis budaya daerah yang menjadi akar budaya nasional. Masyarakat Indonesia memiliki beragam tarian daerah. Budaya daerah mampu menarik perhatian mancanegara. Pepatah mengatakan “Tak Kenal Maka Tak Sayang”.
Apakah kamu sudah mengenali. ragam tarian daerah di Nusantara? Bagaimanakah cara yang akan kamu lakukan untuk menyayangi budaya daerah sebagai akar budaya nasional sehingga kamu akan selalu melestarikannya?
Baca juga: Kunci Jawaban Buku Tema 6 Kelas 6 Halaman 72 73 74 75, Subtema 2 Pembelajaran 5
Baca juga: Kunci Jawaban Buku Tema 6 Kelas 6 Halaman 61 62 63 Subtema 2 Pembelajaran 3
—
Kegiatan Bersama Orang Tua
Bersama orang tuamu, tuliskan beragam tarian daerah. Mintalah pendapat orang tuamu untuk menyebutkan tarian daerah dan asalnya. Melalui kegiatan ini kamu akan mengenal beragam tarian daerah yang merupakan akar budaya nasional.
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– mikirbae.com
(Halo Belajar)