Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 6 SD Halaman 39 40 41 42 43 44 45 46 47, Subtema 1 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 Halaman 39 40 41 42 43 44 45 46 47, Subtema 1 Pembelajaran 4
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 Halaman 39 40 41 42 43 44 45 46 47, Subtema 1 Pembelajaran 4

Diskusikan hasilnya dengan teman kelompokmu.

Kunci Jawaban Halaman 41 42

Ayo Membaca

Bacaan Lainnya

Di pembelajaran satu, kamu sudah membaca teks tentang bagaimana jagung berkembang biak dan membuat catatan pada diagram. Kamu juga sudah mengumpulkan informasi yang ada dalam bentuk tulisan.

Buka kembali diagram tentang perkembang biakkan jagung dan baca dengan saksama. Berikut adalah ide pokok dari paragraf 1 dan kesimpulannya.

Amati dan bacalah isi tabel di atas. Apa pendapatmu?

Jawaban:

Tabel diatas menyajikan sebuah paragraf, ide pokok paragraf, dan kesimpulan isi paragraf. Paragraf tersebut berisi tentang jagung yang merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia.

Sekarang bacalah tabel berikutnya dan berikan pendapatmu.

Dapatkah kamu menemukan cara membuat suatu kesimpulan? Apa ciri-ciri kesimpulan yang baik menurutmu?

Jawaban:

Kesimpulan yang baik berisikan:
– Pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca
– Intisari dari tulisan
– Dimulai dari khusus ke umum
– Menggunakan kosakata baku
– Merupakan suatu pernyataan yang dibuat berdasarkan ide pokok dan kata kunci dari kalimat penjelas dengan kalimat sendiri.

Kunci Jawaban Halaman 43 44

Ayo Berdiskusi

Tumbuhan adalah sahabat kita. Menjaga tumbuhan sudah menjadi kewajiban kita semua. Dalam menjalankan kewajibannya, terkadang kita tidak bisa sendiri. Kita membutuhkan kerja sama dengan orang lain. Kerja sama merupakan wujud penerapan dari salah satu sila Pancasila.

Pahamilah lagi kelima sila Pancasila berikut.

Amati kedua gambar berikut.

Tulislah isi cerita masing-masing gambar diatas!

Jawaban:

Gambar 1. Pada gambar tampak 3 anak-anak yang bekerja bersama-sama membersihkan lingkungan. Ketiga anak-anak tersebut berasal dari suku yang berbeda. Meski berbeda latar belakang suku bangsa namun ketiga anak tersebut tetap bersatu dan bekerja sama. Gambar tersebut menggambarkan pengamalan sila ketiga Pancasila yaitu Persatuan Indonesia.

Gambar 2. Gambar ini menunjukan tiga orang siswa sekolah dasar. Mereka terdiri dari dua siswa laki-laki dan seorang siswi. Ketiganya terlihat sedang bermusyawarah, saling mendengarkan pendapat masing-masing anggota rapat tersebut. Musyawarah sendiri adalah salah satu pengamalan dari sila Pancasila. Mengutamakan persatuan dalam bermusyawarah merupakan bentuk pengamalan sila ketiga Pancasila.

Nilai-nilai Pancasila dari sila keberapakah yang terkandung dalam kedua sikap pada gambar di atas? Tulislah penjelasanmu dengan singkat.

Jawaban:

Bersatu dalam perbedaan dan mengutamakan persatuan dalam musyawarah merupakan bentuk pengamalan sila ketiga Pancasila yaitu Persatuan Indonesia.

Pos terkait