Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 3 SD Halaman 52 53 54 58 59 60 61, Subtema 2 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 3 Halaman 52 53 54 58 59 60 61, Subtema 2 Pembelajaran 1
Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 3 Halaman 52 53 54 58 59 60 61, Subtema 2 Pembelajaran 1

Manusia sebagai makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan.Bertambah berat serta tinggi badan merupakan salah satu contoh pertumbuhan.

Kekuatan tangan manusia juga mengalami perkembangan. Contohnya seperti yang terlihat pada gambar. Edo saat masih kecil kesulitan untuk memegang botol susu. Akan tetapi, setelah tubuh Edo bertambah besar dan kuat Edo dengan mudah dapat memegang tempat minum yang lebih berat dari botol susu.

Kekuatan tangan dapat dilatih melalui kegiatan olahraga dan menari. Kuat dan lemah dari gerakan tangan digunakan dalam menari.

Bacaan Lainnya

Coba lakukan gerakan kuat dan lemah pada tangan sesuai perintah berikut ini!
1. Lakukan gerakan kuat seperti orang yang sedang mendorong meja.
2. Lakukan gerakan lemah seperti orang memegang kapas.

Dapatkah kamu merasakan perbedaan dari kedua gerakan tersebut?
Jawaban:
Dapat. Gerakan kuat seperti orang yang sedang mendorong meja membutuhkan lebih banyak tenaga dibandingkan gerakan lemah seperti orang memegang kapas.

Kunci Jawaban Halaman 58

Ayo Menari

Mari mencoba berbagai contoh gerakan kuat dan lemah tangan pada saat menari.

Gerakan pertama

Gerakan pertama adalah mengangkat tangan kanan, lalu tangan kiri. Angkat tangan dengan kuat seperti sedang mengangkat beban.

Gerakan kedua

Gerakan kedua adalah turunkan kedua tangan secara perlahan. Kedua tangan diturunkan sambil menggerakkan jari-jari tangan menirukan air hujan turun.

Gerakan ketiga

Gerakan ketiga adalah rentangkan kedua tangan ke samping. Lalu, bengkokkan sehingga membentuk huruf “U”.

Gerakan keempat

Gerakan keempat adalah gerakan memutar pergelangan tangan secara perlahan-lahan.

Gerakan kelima

Gerakan kelima adalah mengacungkan tangan ke depan dengan kuat. Lalu, membalikkan kedua telapak tangan dengan arah yang berbeda.

Gerakan keenam

Gerakan keenam adalah bertepuk tangan. Tepuk tangan dapat divariasikan dari gerakan yang lemah sampai kuat. Misalnya bertepuk dengan dua jari, empat jari, enam jari, delapan jari, dan terakhir sepuluh jari.

Lakukan kegiatan tersebut secara berulang. Ikuti kegiatan sesuai instruksi guru atau temanmu dalam sebuah permainan! Berdasarkan pengalamanmu berlatih menari, dapatkah kamu menunjukkan gerakan mana saja yang termasuk gerakan kuat dan lemah dari tangan?

Jawaban:

Gerakan kuat: gerakan pertama, gerakan ketiga, gerakan keenam.
Gerakan lemah: gerakan kedua, gerakan keempat, gerakan kelima

Kunci Jawaban Halaman 59 60 61

Ayo Berlatih

Badan kita mengalami pertumbuhan. Kemampuan kita pun mengalami perkembangan. Pada saat kelas satu, kalian baru belajar nama dan lambang bilangan sampai bilangan puluhan. Lalu, berkembang menjadi bilangan ratusan dan ribuan bahkan puluh ribuan. Kalian juga sudah belajar penjumlahan dan pengurangan.

Pos terkait