HALO BELAJAR – Berikut disajikan kisi-kisi soal ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) atau Ulangan Akhir Semester (UAS) mata pelajaran PJOK untuk siswa kelas 3 SD/MI Semester 1 Kurikulum 2013 revisi terbaru.
Kisi-kisi ini berupa gambaran bentuk soal yang akan diujikan. Pembahasannya sudah disesuaikan dengan silabus dan materi yang terdapat pada buku PJOK Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 edisi revisi 2018.
Adik-adik dapat mempelajari kisi-kisi berikut untuk mempersiapkan diri sebelum menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS/PAS) Tahun Ajaran 2021/2022. Semoga kisi-kisi ini dapat bermanfaat bagi adik-adik dan digunakan untuk mempelajari materi soal yang akan keluar dalam ujian nanti.
Kisi-kisi Soal Ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) atau Ulangan Akhir Semester (UAS)
Mata pelajaran: PJOK
Kelas: 3 SD/MI
Semester: 1/Ganjil
Kurikulum: 2013 revisi terbaru
Bentuk Soal: Pilihan Ganda
Tema 1 – Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Materi yang diujikan:
– Ciri-ciri Makhluk Hidup
– Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
– Pertumbuhan Hewan
– Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
Tema 2 – Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Materi yang diujikan:
– Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia
– Manfaat Hewan bagi Kehidupan Manusia
– Menyayangi Tumbuhan
– Menyayangi Hewan
Tema 3 – Benda di Sekitarku
Materi yang diujikan:
– Aneka Benda di Sekitarku
– Wujud Benda
– Perubahan Wujud Benda
– Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku
Tema 4 – Kewajiban dan Hakku
Materi yang diujikan:
– Kewajiban dan Hakku di Rumah
– Kewajiban dan Hakku di Sekolah
– Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga
– Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara
Kompetensi Dasar:
3.1. Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2. Memahami kombinasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.3. Memahami kombinasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.8. Memahami bentuk dan manfaat istirahat dan pengisian waktu luang untuk menjaga Kesehatan.
3.9. Memahami perlunya memilih makanan bergizi dan jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh.
Indikator Soal:
1. Disajikan soal, siswa mampu siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan/1lari dan lompat dalam bentuk permainan lompat bambu/1dengan benar.