2. Iklan Televisi
Iklan televisi memiliki karakteristik mengandung suara, gambar, dan gerak. Oleh karena itu, pesan yang disampaikan sangat menarik perhatian dan impresif.
3. Iklan Media Digital Interaktif (Internet)
Iklan Media Digital Interaktif (internet) adalah iklan yang memanfaatkan media internet untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Iklan ini disampaikan dalam bentuk website, blog, maupun youtube. Iklan ini dapat berupa video maupun banner animasi.
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 153 dan 154
Ayo Berlatih
Amatilah iklan elektronik, baik iklan di radio, televisi, maupun internet. Tuliskan informasi yang disampaikan dari iklan yang kalian amati. Berikan juga tanggapan terhadap iklan yang kamu amati. Apakah iklan menarik dan jelas dalam penyampaiannya? Tuliskan dalam kolom berikut.
Jawaban:
No. | Media elektronik | Produk yang Diiklankan | Tanggapan |
---|---|---|---|
1. | Televisi | Milna Organik (makanan bayi) | Sangat menarik karena menawarkan Milna organik yang menggunakan bahan organik dan tanpa bahan pengawet, Milna organik dapat membantu pertumbuhan bayi |
2. | Radio | MNC Vision | Sangat menarik dan jelas penyampaiannya. Iklan tersebut menawarkan layanan televisi satelit berlangganan. MNC vision membuat rumah serasa bioskop dengan hiburan terlengkap. |
3. | Internet (Youtube) | Azalia Zaitun Oil | Sangat menarik, iklan tersebut menawarkan Azalia Zaitun Oil mampu membuat kulit lembab, berseri dan halus |
4. | Internet (Blog) | NovaKID (Belajar Bahasa Inggris Online) | Sangat menarik dan jelas penyampaiannya. NovaKid menawarkan cara baru belajar Bahasa Inggris lebih seru. Menggunakan kelas interaktif dan dengan format yang menarik |
Pernahkah kamu mengamati iklan elektronik yang berisi anjuran untuk menjaga persatuan dan kesatuan? Coba, carilah iklan dari media elektronik berisi anjuran untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Ceritakan iklan yang kamu amati dengan menuliskan pada kolom berikut.
Jawaban:
Iklan elektronik Kami Indonesia Oleh Cameo Projek.
Iklan ini menunjukan semangat persatuan dan kesatuan yang saat ini dikikis oleh faktor globalisasi, ekonomi, budaya asing, dan lain sebagainya, tetapi tidak bisa menguburkan seluruhnya. Semangat nasionalisme ini hanya tertidur pulas karena tidak menemukan lagi panggung kepentingannya di hati bangsa Indonesia. Karena kepedulian inilah dan juga terhadap masalah lainnya yang berhubungan dengan ketidakadilan terhadap golongan-golongan minoritas tertentu, kami tergerak untuk membangunkannya kembali: rasa nasionalisme!
(Sumber :https://www.youtube.com/watch?v=TIKbhfaBrvs)