Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 40 42 46 47 48 50 51, Subtema 1 Pembelajaran 5

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 40 42 46 47 48 50 51, Subtema 1 Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 40 42 46 47 48 50 51, Subtema 1 Pembelajaran 5

Bernyanyi dengan baik membutuhkan teknik seperti intonasi dan tempo. Intonasi merupakan cara bernyayi mencapai ketepatan bunyi tiap nada. Bunyi nada yang tepat akan menghasilkan suara yang tidak sumbang dan enak didengar. Untuk mendapatkan intonasi yang baik kamu dapat menyanyikan nada-nada berikut secara berulang tanpa mengandalkan otot-otot leher dan berteriak. Nada-nada tersebut dapat dinyanyikan dengan tempo lambat, sedang, dan cepat

Kecepatan lagu diukur dengan alat pengukur yang disebut Metronome Maelzel atau disingkat MM. Metronome Maelzel ini akan memberikan petunjuk seberapa cepat atau lambatnya lagu dinyanyikan. Sebagai contoh lagu ”Timang-Timang Anakku Sayang” ditulis dengan tempo andante. Kecepatan tempo andante 72-76 MM, artinya lagu harus dinyanyikan dalam kecepatan 72-76 ketukan yang tetap dalam waktu satu menit. MM 72-76 termasuk tempo sedang.

Bacaan Lainnya

Tempo lagu dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:
a. tempo lambat, contoh lento = lambat (56-58 MM) ;
b. tempo sedang, contoh andante = seperti orang berjalan (72-76 MM);
c. tempo cepat, contoh allegro = cepat, hidup, dan riang (132-138 MM).

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 50 dan 51

Ayo Berlatih

1. Amatilah teks lagu “Injit-Injit Semut”. Identifikasi tinggi rendah nada dari notasi angka lagu di depan. Apa yang kamu temukan? Buatlah garis melodi pada syair yang kamu tulis.
Jawaban:

2. Sekarang giliranmu mempelajari lagu tersebut. Dengarkan penjelasan guru. Bersama dengan kelompokmu, nyanyikan lagu “Injit-Injit Semut” dengan tempo dan tinggi rendah nada yang tepat. Simaklah saat kelompok lain menyanyikan lagu tersebut!

3. Apa yang kamu rasakan ketika menyanyikan lagu tersebut? Jelaskan jawabanmu!
Jawaban:
Pada notasi angka lagu “Injit-Injit Semut” menggunakan nada tinggi, sedang, dan rendah.

4. Jelaskan tempo dan tinggi rendah nada dalam lagu tersebut!
Jawaban:
Lagu “Injit-Injit Semut” menggunakan tempo agak cepat yang artinya sedang.

5. Apa saja lagu daerahmu? Tuliskan judul dan makna lagu tersebut!
Jawaban:
Lagu daerah saya Gundul Pacul dan Gek Kepriye (Jawa Tengah).

Ayo Renungkan

Apa yang telah kamu pelajari hari ini?
Jawaban:
Hari ini saya telah belajar tentang keragaman karakteristik individu berdasarkan ciri fiksi dan tempo pada lagu.

Apa keragaman sifat yang ada dalam keluargamu?
Jawaban:
Keragaman sifat yang ada dalam keluargaku misalnya ada yang pemalas, suka menolong, rajin belajar, dan rajin ibadah.

Apa manfaat keragaman sifat dalam keluargamu?
Jawaban:
Manfaat keragaman sifat dalam keluargaku diantarnya adalah dapat memahami sifat antar anggota keluarga dan memupuk rasa saling menghormati dan menghargai.

Pos terkait