HALO BELAJAR – Simak di bawah ini kunci jawaban Tema 8 Kelas 1 SD/MI halaman 176 179, Pembelajaran 3.
Pembelajaran 3 yang mulai dari halaman 171 sampai 179, merupakan materi Subtema 4 Bencana Alam, Tema 8 Peristiwa Alam.
Buku Tema 8 Kelas 1 yang dibahas di bawah ini merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.
Kunci jawaban Tema 8 Kelas 1 di bawah ini diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 1 Halaman 180 181 182, Subtema 4 Pembelajaran 4
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 1 Halaman 170, Subtema 4 Pembelajaran 2
Ayo Bermain Peran
Lani dan teman-teman sedang bermain bersama. Mereka bermain di halaman sekolah. Lani mengajak teman-teman bermain peran. Tentang kejadian alam yang ada di sekitar.
Peran apakah yang akan mereka mainkan? Perhatikan percakapan Lani dan teman-teman.
Lakukan bersama teman-temanmu. Lakukan secara berkelompok.
Ayo Berdiskusi
Suhu Panas dan Suhu Dingin
Usai bermain, Lani dan teman-teman kembali ke kelas. Udara di luar kelas terasa panas. Sementara itu, udara di dalam kelas terasa dingin.
Lani ingat, semalam hujan deras. Udara terasa dingin. Siang ini sangat cerah, udara terasa panas. Bacalah percakapan berikut.
Lani dan Edo berbeda pendapat. Mereka merasakan suhu udara yang berbeda. Walaupun pada waktu dan tempat yang sama.
Ayo Mencoba
Bermain sambil Mengukur Suhu
Bagaimana dengan udara di tempatmu? Samakah suhu udara yang kalian rasakan? Mengapa?
Edo lalu mencoba mengukur suhu. Mengukur suhu dengan alat ukur tidak baku. Edo memegang kursi di kelas dengan telapak tangan. Kursi terasa dingin. Edo lalu berjalan ke luar kelas. Edo memegang batu di halaman sekolah. Batu terasa panas.
Ayo, mengukur suhu benda di dalam dan di luar kelas. Lakukan bersama teman-temanmu.
Kunci Jawaban Halaman 176
Ayo Berlatih
Mari, berlatih mengukur suhu.
Carilah lima benda yang ada di dalam kelas. Kemudian, cari lima benda yang ada di luar kelas. Peganglah dengan telapak tanganmu.
Apa yang kamu rasakan? Coba bandingkan.
1. Tulislah hasil latihanmu pada tabel berikut. Beri tanda (v) pada suhu yang sesuai.
Jawaban:
2. Mintalah temanmu menyebutkan benda dalam tabel.
• Pilih empat benda yang tidak ada di tabelmu.
• Cari dan pegang bendanya, lalu rasakan suhunya.
• Bandingkan suhu antara dua benda.
• Manakah yang terasa lebih panas?
• Gambar bendanya pada kotak berikut.
Jawaban:
Ayo Berdiskusi
Pengalaman Bekerja Sama
Dayu telah beraktivitas bersama teman. Dayu telah mengukur suhu benda dengan alat ukur tidak baku. Dayu dan teman-teman beristirahat sejenak. Setelah itu, Dayu dan teman-teman bertukar cerita.