Ayo Bercerita
Ceritakan hasil diskusi kelompokmu. Bandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain. Apakah ada perbedaan?
“Keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia menjadi magnet bagi para wisatawan.” Pernahkah kamu mendengar atau membaca kalimat seperti itu? Apa maksudnya? Maksud dari kalimat tersebut adalah bahwa keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia menjadi daya tarik bagi wisatawan.
Mungkin kamu bertanya-tanya, apa hubungannya “magnet” dengan “daya tarik”. Nah, terlebih dahulu lakukan kegiatan berikut.
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 7 Halaman 94
Ayo Mencoba
Lakukan kegiatan ini di dalam kelas.
1. Sediakan magnet batang atau magnet mainan (yang biasa ditempelkan pada pintu lemari pendingin).
2. Sediakan benda-benda kecil, seperti jarum pentul, peniti, pensil, kerikil, dan daun. Letakkan di atas meja.
3. Dekatkan magnet pada benda-benda kecil tersebut.
4. Catatlah hasil pengamatan kalian.
5. Ingat, berhati-hatilah saat bekerja dengan jarum pentul dan peniti. Pastikan tidak ada jarum pentul yang terjatuh di lantai. Pastikan juga peniti tidak terbuka. Setelah selesai digunakan, bereskan dan masukkan kembali jarum pentul dan peniti ke tempatnya.
Jawaban:
Hasil Pengamatan:
Dari kegiatan yang telah dilakukan ternyata jarum pentul dan peniti dapat ditarik oleh magnet. Sementara pensil, kerikil, dan daun tidak dapat ditarik oleh magnet. Jarum pentul dan peniti dapat ditarik oleh magnet karena terbuat dari bahan logam.
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 7 Halaman 95 dan 96
Ayo Mencoba
Lakukan kegiatan ini bersama teman sebangkumu.
1. Sediakan dua buah magnet batang, misalnya magnet I dan magnet II.
2. Tandai ujung dari setiap batang magnet, misalnya A dan B.
3. Dekatkan ujung A dari magnet I dengan ujung A magnet II. Apa yang terjadi?
4. Dekatkan ujung A dari magnet I dengan ujung B dari magnet II. Apa yang terjadi?
5. Dekatkan ujung B magnet I dengan ujung A magnet II. Apa yang terjadi?
6. Dekatkan ujung B magnet I dengan ujung B magnet II. Apa yang terjadi? Catatlah hasil pengamatanmu dalam tabel seperti berikut, lalu jelaskan kepada Bapak/Ibu guru dan teman-temanmu.
Jawaban:
No. | Perlakuan | Hasil |
---|---|---|
1. | Ujung A magnet I didekatkan dengan ujung A magnet II | Kedua ujung magnet saling menolak |
2 | Ujung A magnet I didekatkan dengan ujung B magnet II | Kedua ujung magnet saling menarik |
3. | Ujung B magnet I didekatkan dengan ujung A magnet II | Kedua ujung magnet saling menarik |
4. | Ujung B magnet I didekatkan dengan ujung B magnet II | Kedua ujung magnet saling menolak |
Hasil Pengamatan :
Dari kegiatan yang telah dilakukan saya mengamati bahwa dua ujung magnet yang senama akan tolak menolak, sementara dua ujung magnet yang tidak senama akan tarik menarik.