Jika ada listrik statis, ada pula listrik dinamis. Pada listrik dinamis terjadi aliran muatan listrik. Listrik dinamis dapat diamati dari kegiatan mematikan atau menyalakan lampu dengan menekan sakelar. Saat sakelar ditekan dan lampu menyala, artinya pada saat itu terjadi aliran listrik. Sebaliknya, saat sakelar ditekan dan lampu mati, artinya tidak terjadi aliran listrik.
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 7 Halaman 55
Tugas
1. Kamu telah membaca teks “Listrik Statis dan Listrik Dinamis”. Pengetahuan apa yang kamu dapat dari teks tersebut? Tuliskan dengan bahasamu sendiri.
Jawaban:
Listrik statis adalah listrik yang tidak mengalir (diam) dan perpindahan arusnya terbatas.
Listrik dinamis adalah listrik yang bergerak atau mengalir.
2. Carilah contoh lain yang menunjukkan gejala listrik statis. Contoh Gejala Listrik Statis Pada Pembelajaran 2, bacakan hasil tugasmu di depan Bapak/Ibu guru dan teman-temanmu.
Jawaban:
– Listrik statis terjadi ketika terbentuknya petir saat hujan
– Gosokan kain sutra dengan kaca
– Gosokan batang plastik dengan kain wol
– Tangan didekatkan dengan layar Televisi
– Saat menyisir rambut akan terbawa berdiri sendiri seiring dengan gerakan sisir
– Debu yang tertempel pada layar tv
– Penggaris yang digosok-gosokkan ke rambut atau tangan kering akan menarik potongan kertas kecil
Ayo Renungkan
Apa yang kamu pelajari pada hari ini?
Jawaban:
Hari ini saya telah belajar tentang informasi tentang urang Kenekes suku Baduy. dan pengertian listrik statis dan listrik dinamis.
Mengapa budaya satu suku bangsa dapat berbeda dari suku bangsa lain?
Jawaban:
Budaya satu suku bangsa dapat berbeda dari suku bangsa lain karena budaya merupakan cara hidup sekelompok orang yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya dipengaruhi oleh letak geografis
Apa yang dimaksud dengan gaya listrik?
Jawaban:
Gaya listrik adalah gaya yang dialami oleh benda atau obyek bermuatan yang berada dalam medan listrik.
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 SD Halaman 57 59 60 61, Subtema 2 Pembelajaran 2
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 SD Halaman 42 dan 47, Subtema 1 Pembelajaran 6
—
Kerja Sama dengan Orang Tua
Tanyakan kepada ayah dan ibumu, budaya khas dari suku bangsa mereka masing-masing.
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema 7 Kepemimpinan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas IV Tema 7 Kepemimpinan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.