Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 SD Halaman 2 3 4 5 6 7 8 10, Subtema 1 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 SD Halaman 2 3 4 5 6 7 8 10, Subtema 1 Pembelajaran 1
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 SD Halaman 2 3 4 5 6 7 8 10, Subtema 1 Pembelajaran 1

Pokok pikiran paragraf 2:
Berdasarkan hasil sensus tahun 2010 bangsa Indonesia terdiri atas 1.331 suku

Cara menentukan pokok pikiran pada paragraf sebagai berikut.
– Membaca seluruh kalimat dalam paragraf.
– Menandai kalimat awal, kalimat akhir, atau kalimat awal dan kalimat akhir paragraf.
– Menandai pikiran pokok yang terdapat di awal, akhir, atau awal dan akhir pada paragraf.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 7 Halaman 4

Ayo Bercerita

Bacaan Lainnya

Ceritakan hasil diskusi kelompokmu. Bandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain. Apakah ada perbedaan? Dari kegiatan sebelumnya, kamu mengetahui bahwa di Indonesia terdapat ribuan suku bangsa. Setiap suku bangsa kemungkinan memiliki kebiasaan dan cara hidup berbeda.

Salah satu contoh perbedaan cara hidup adalah transportasi. Pada zaman dahulu, alat transportasi menggunakan tenaga hewan seperti gambar-gambar berikut.

Apakah di daerahmu masih dijumpai alat transportasi seperti pada gambar di atas? Coba, ceritakan kepada teman-temanmu. Apakah teman-temanmu juga menjumpai jenis alat transportasi seperti yang kamu sebutkan?

Perhatikan lagi gambar bendi, pedati sapi, dan pedati kerbau. Dapatkah kamu melihat persamaan dari ketiga alat transportasi tradisional tersebut? Ada banyak persamaan, salah satunya adalah ketiga alat transportasi tersebut menggunakan binatang yang sama-sama menarik beban berupa bendi atau pedati.

Apa yang terjadi saat kuda menarik bendi?
Jawaban:
Bendi akan bergerak karena gaya yang diberikan oleh kuda.

Apa yang terjadi saat kerbau atau kuda menarik pedati?
Jawaban:
Pedati akan bergerak karena gaya yang diberikan oleh kerbau,

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 7 Halaman 5

Ayo Mencoba

Lakukan kegiatan-kegiatan sederhana berikut.
1. Dorong meja belajarmu pelan-pelan hingga bergeser sedikit, lalu tarik ke posisi semula.
2. Angkat tas sekolahmu, lalu letakkan lagi ke posisi semula.
3. Ambil selembar kertas tak terpakai, lalu lipat atau remaslah kertas tersebut.

Dari kegiatan tersebut, isilah tabel berikut.
Jawaban:

Kegiatan Aktivitas yang Dilakukan Hasil
1. Mendorong meja Meja bergeser
Menarik meja Meja bergeser
2. Mengangkat tas Tas bergerak
Menurunkan tas Tas bergerak
3. Meremas kertas Kertas berubah bentuk

Aktivitas yang telah kamu lakukan terhadap meja sehingga bergeser disebut gaya.
Aktivitas yang kamu lakukan terhadap tas sekolah yang kamu angkat disebut gaya.
Aktivitas yang kamu lakukan terhadap kertas sehingga bentuknya berubah disebut gaya.

Gaya adalah dorongan atau tarikan yang dapat menyebabkan benda bergerak atau berubah bentuk.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 7 Halaman 6

Tugas

Pos terkait