HALO BELAJAR– Kunci jawaban Tema 7 Kelas 4 SD/MI di bawah ini diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.
Materi merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Bagian Literasi yaitu Bcaan 4, Tema 7 berjudul Indahnya Keragaman di Negeriku. Bacaan 4 dimulai dari halaman 151 sampai 153.
Pada bacaan 4 ini, materi yang dibahas antara lain ‘Batik, Warisan Budaya Indonesia’.
Berikut penjabaran kunci jawaban Tema 7, Bagian Literasi, Bacaan 4 untuk adik-adik Kelas 4 SD/MI.
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 SD Halaman 154 155 156, Literasi, Bacaan 5
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 SD Halaman 148 149 150, Literasi, Bacaan 3
Batik, Warisan Budaya Indonesia
Hari ini Dahlia dan teman-teman akan berkunjung ke desa wisata batik di Jarum, Bayat, Klaten. Seperti di Surakarta dan Yogyakarta, di Klaten juga ada perajin batik. Mereka akan melihat proses pembuatan kain batik di sana.
Tepat pukul 8.00 Dahlia dan teman-teman berangkat menuju Desa Jarum. Dengan didampingi Pak Rahmadi, mereka naik bus ke Desa Jarum. Mereka akan menempuh perjalanan, kira-kira 45 menit.
Kira-kira pukul 8.45 rombongan Dahlia tiba di desa wisata batik Jarum.
”Anak-anak, kalian akan melihat proses pembuatan batik tulis. Lihatlah dengan cermat. Kalau ada yang tidak jelas, tanyakanlah,” pesan Pak Rahmadi kepada anak didiknya.
Setelah itu, Dahlia bersama teman-temannya diajak berkeliling oleh pengrajin yang mereka datangi. Satu demi satu mereka melihat proses pembuatan kain batik tulis. Proses pembuatan kain batik tulis dimulai dengan pemilihan kain. Yang dipilih adalah kain mori, katun, atau sutra sesuai dengan kualitas kain batik yang diinginkan. Setelah pemilihan kain, diteruskan dengan membuat gambar pada kain batik dengan malam atau lilin. Setelah digambar sesuai dengan motif yang dipilih, kemudian dilakukan proses pewarnaan. Pada batik Jarum ini ada dua jenis pewarnaan, menggunakan warna kimia dan warna alami. Selanjutnya, dilakukan proses nglorot atau proses perebusan kain batik dengan air mendidih. Langkah selanjutnya, mencuci kain batik tersebut dengan air dingin, lalu dikeringkan. Proses terakhir adalah direbus lagi agar warnanya awet.
Dahlia dan teman-teman sudah selesai melihat proses pembuatan kain batik. Mereka lalu meninggalkan tempat itu. Mereka senang. Hari itu pengetahuan mereka bertambah.
”Anak-anak, kalian sudah mempelajari salah satu hasil budaya bangsa kita, yaitu batik. Kalian harus tahu bahwa batik telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya bangsa Indonesia. Tanggal 2 Oktober menjadi hari bersejarah bagi batik Indonesia, saat UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya Indonesia. Maka, tanggal 2 Oktober diperingati sebagai hari Batik Nasional. Anak-anak, batik Jarum yang kalian lihat proses pembuatannya tadi merupakan salah satu ragam batik di Indonesia. Siapa yang bisa menyebutkan ragam batik lain?” tanya Pak Rahmadi.