Apuse kokon dao
Yarabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase
Arafabye aswarakwar
Arafabye aswarakwar
Pada bagian yang ditulis biasa lagu dinyanyikan dengan nada rendah.
4. Tuliskan syair lagu “Apuse”, lalu berikan tanda sesuai naik turunnya nada pada setiap suku kata lagu tersebut. Berikan tanda dengan menarik garis naik, rata, atau turun.
Jawaban:
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 7 Halaman 14
Ayo Bercerita
Ceritakan hasil diskusimu kepada teman-teman sekelasmu. Lakukan bergantian dengan kelompok lain.
Jawaban:
Lagu Apuse merupakan lagu daerah yang berasal dari Papua. Kita dapat merasakan naik turunnya nada pada lagu apuse dengan mengacu pada perbedaan posisi not balok pada paranada atau perbedaan angka yang digunakan pada notasi angka.
Siti, Edo, Dayu, dan teman-teman menyanyikan lagu “Apuse” sambil menggerakkan kaki dan tangan. Mereka melangkah ke kanan, ke kiri, ke depan, lalu ke belakang sambil menggerakkan tangan. Gerakan mereka melibatkan otot kaki dan tangan.
Ayo Mencoba
Lakukan kegiatan ini dengan teman sebangkumu.
1. Siapkan beberapa buah buku, lalu ajaklah teman sebangkumu untuk bertukar buku.
2. Catatlah kegiatan-kegiatan yang kamu lakukan ketika melakukan proses penukaran buku.
3. Tuliskan hasil kegiatan yang kamu lakukan.
4. Gaya apa yang digunakan dalam kegiatan penukaran buku ini?
Aktivitas bertukar buku merupakan salah satu contoh pemanfaatan gaya otot. Dengan memanfaatkan gaya otot, kita dapat memindahkan benda-benda ringan dengan mudah. Gaya otot sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 7 Halaman 17 dan 18
Ayo Berdiskusi
Tuliskan contoh-contoh pemanfaatan gaya otot dalam kehidupan sehari-hari. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut ini. Diskusikan dengan teman-teman sekelompokmu, lalu bacakan hasilnya di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok-kelompok lain.
Jawaban:
Pemanfaatan Gaya Otot | ||
---|---|---|
No. | Manfaat | Contoh Kegiatan |
1. | Memindahkan benda | Sapi menarik pedati dan mendorong meja |
2. | Menggerakan tubuh | Berlari dan berjalan |
3. | Melakukan pekerjaan | Menyapu halaman dan menimba air |
4. | Melatih dan membentuk tubuh | Sit up, Pull up, dan Split |
5. | Membawa perlengkapan sekolah | Membawa tas sekolah |
Bersama teman kelompokmu, bacalah lagi teks “Suku Bangsa di Indonesia” pada halaman 1.
Pengetahuan-pengetahuan apa yang kalian dapatkan dari teks tersebut? Bedakan pengetahuan yang sudah kalian ketahui sebelum membaca teks dan pengetahuan baru yang kalian dapatkan setelah membaca teks. Tuliskan dalam bentuk tabel sebagai berikut.
Jawaban:
Teks Suku Bangsa Di Indonesia | |
---|---|
Pengetahuan yang Sudah Diketahui | Pengetahuan Baru yang Didapat |
|
|
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 7 Halaman 18
Ayo Bercerita