Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 SD Halaman 14 17 18, Subtema 1 Pembelajaran 2

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 SD Halaman 14 17 18, Subtema 1 Pembelajaran 2
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 SD Halaman 14 17 18, Subtema 1 Pembelajaran 2

Apuse kokon dao
Yarabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase

Arafabye aswarakwar
Arafabye aswarakwar

Pada bagian yang ditulis biasa lagu dinyanyikan dengan nada rendah.

Bacaan Lainnya

4. Tuliskan syair lagu “Apuse”, lalu berikan tanda sesuai naik turunnya nada pada setiap suku kata lagu tersebut. Berikan tanda dengan menarik garis naik, rata, atau turun.
Jawaban:

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 7 Halaman 14

Ayo Bercerita

Ceritakan hasil diskusimu kepada teman-teman sekelasmu. Lakukan bergantian dengan kelompok lain.
Jawaban:
Lagu Apuse merupakan lagu daerah yang berasal dari Papua. Kita dapat merasakan naik turunnya nada pada lagu apuse dengan mengacu pada perbedaan posisi not balok pada paranada atau perbedaan angka yang digunakan pada notasi angka.

Siti, Edo, Dayu, dan teman-teman menyanyikan lagu “Apuse” sambil menggerakkan kaki dan tangan. Mereka melangkah ke kanan, ke kiri, ke depan, lalu ke belakang sambil menggerakkan tangan. Gerakan mereka melibatkan otot kaki dan tangan.

Ayo Mencoba

Lakukan kegiatan ini dengan teman sebangkumu.
1. Siapkan beberapa buah buku, lalu ajaklah teman sebangkumu untuk bertukar buku.
2. Catatlah kegiatan-kegiatan yang kamu lakukan ketika melakukan proses penukaran buku.
3. Tuliskan hasil kegiatan yang kamu lakukan.
4. Gaya apa yang digunakan dalam kegiatan penukaran buku ini?

Aktivitas bertukar buku merupakan salah satu contoh pemanfaatan gaya otot. Dengan memanfaatkan gaya otot, kita dapat memindahkan benda-benda ringan dengan mudah. Gaya otot sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 7 Halaman 17 dan 18

Ayo Berdiskusi

Tuliskan contoh-contoh pemanfaatan gaya otot dalam kehidupan sehari-hari. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut ini. Diskusikan dengan teman-teman sekelompokmu, lalu bacakan hasilnya di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok-kelompok lain.
Jawaban:

Pemanfaatan Gaya Otot
No. Manfaat Contoh Kegiatan
1. Memindahkan benda Sapi menarik pedati dan mendorong meja
2. Menggerakan tubuh Berlari dan berjalan
3. Melakukan pekerjaan Menyapu halaman dan menimba air
4. Melatih dan membentuk tubuh Sit up, Pull up, dan Split
5. Membawa perlengkapan sekolah Membawa tas sekolah

Bersama teman kelompokmu, bacalah lagi teks “Suku Bangsa di Indonesia” pada halaman 1.

Pengetahuan-pengetahuan apa yang kalian dapatkan dari teks tersebut? Bedakan pengetahuan yang sudah kalian ketahui sebelum membaca teks dan pengetahuan baru yang kalian dapatkan setelah membaca teks. Tuliskan dalam bentuk tabel sebagai berikut.
Jawaban:

Teks Suku Bangsa Di Indonesia
Pengetahuan yang Sudah Diketahui Pengetahuan Baru yang Didapat
  1. Sejak dahulu kala bangsa Indonesia hidup dalam keragaman. 
  2. Kalimat Bhinneka Tunggal Ika pada lambang negara Garuda Pancasila bukan cuma slogan. 
  3. Penduduk Indonesia terdiri atas beragam suku bangsa, agama, bahasa, adat, dan budaya tetapi semua dapat hidup rukun berdampingan.
  1. Berdasarkan hasil sensus Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, bangsa Indonesia terdiri atas 1.331 suku.
  2. Suku bangsa terbesar adalah suku Jawa yang meliputi 40,2 persen dari penduduk Indonesia. 
  3.  Suku yang paling sedikit jumlahnya adalah Suku Nias

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 7 Halaman 18

Ayo Bercerita

Pos terkait