Jawaban:
Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar.
Jawaban:
1. Siswa, bunga, dan tanaman termasuk benda hidup, karena bernyawa.
2. Meja, kursi, papan tulis, garuda pancasila, foto presiden, sapu, tong sampah, pajangan dinding, jam dinding, lemari termasuk benda tak hidup, karena tidak bernyawa.
Ayo Mengamati
Benda-benda di kelas harus kita pelihara dengan baik. Kegiatan memelihara benda dengan baik termasuk perbuatan yang terpuji. Berikut ini adalah lambang negara kita yaitu Garuda Pancasila.
Lambang negara biasa dipajang pada dinding kelas. Pada lambang negara tersebut terdapat sila-sila Pancasila. Kamu sudah mengetahui sila ke-1 sampai sila ke-3 pada pembelajaran sebelumnya.
Sekarang, mari kita mengenal simbol dan bunyi sila ke-4 Pancasila. Simbol sila ke-4 Pancasila adalah kepala banteng. Bunyi sila ke-4 Pancasila adalah Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
Ayo Berlatih
Cobalah mendeklamasikan sila ke-4 Pancasila di depan teman-temanmu secara bergantian. Lakukan dengan suara lantang.
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 1 SD Halaman 12 dan 13, Subtema 1 Pembelajaran 2
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 1 SD Halaman 18 19 21 22 23 24 25, Subtema 1 Pembelajaran 3
—
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua membantu siswa mengenalkan contoh benda hidup dan benda tak hidup yang ada di sekitar rumah.
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas I Tema 7 Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita . Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas I Tema 7 Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita . Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
(Halo Belajar)