HALO BELAJAR – Adik-adik, berikut dijabarkan materi berserta kunci jawaban untuk Kelas 1 SD/MI, pembelajaran 1 yang mulai dari halaman 2 sampai 10.
Materi yang diuraikan berasal dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017, halaman 4, 7, 8, dan 9. Materi yang dijabarkan yaitu ‘bernyanyi Topi Saya Bundar’, ‘membedakan panjang pendek bunyi’, ‘membedakan benda hidup dan benda tak hidup’, ‘mengenal simbol dan bunyi sila ke-4 Pancasila’, ‘mendeklamasikan bunyi sila ke-4 Pancasila’.
Kunci jawaban ini dapat adik-adik jadikan sebagai pedoman dalam mempelajari Tema 7 yang berjudul Benda, Hewan, dan tanaman di Sekitarku, Subtema 1 Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita.
Kunci jawaban Tema 7 Kelas 1 juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa. Nah, mari kita simak bersama kunci jawaban berikut ini!
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 1 SD Halaman 12 dan 13, Subtema 1 Pembelajaran 2
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 1 SD Halaman 18 19 21 22 23 24 25, Subtema 1 Pembelajaran 3
Udin dan teman-teman pergi bersama ke sekolah. Mereka mengenakan seragam dengan rapi dan lengkap. Topi termasuk bagian dari seragam yang harus dikenakan. Topi dan seragam merupakan contoh benda tak hidup.
Apakah kamu suka mengenakan topi? Ya. Tahukah kamu lagu Topi Saya Bundar? Ya.
Coba nyanyikan lagu Topi Saya Bundar bersama teman-temanmu.
Ayo Bernyanyi
Dapatkah kamu membedakan antara lirik lagu yang diberi tanda pendek ( __ ) dan panjang ( _____ )? Dapat. Diskusikan bersama temanmu. Apa saja benda yang memiliki kesamaan dengan topi? Helm.
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 1 Halaman 4 7 8 9
Ayo Berlatih
Mari, belajar mengenali benda-benda di sekitar kita.
Amati gambar di bawah ini.
Sekarang amati benda di sekitar kelasmu.
Jawaban:
Papan tulis, siswa, pak guru, meja, kursi, jam dinding, gambar burung garuda, tong sampah, jendela, bunga, dan globe.
Apa saja benda hidup yang ada di sekitarmu? Apa saja benda tak hidup yang ada di sekitarmu? Coba kelompokkan benda-benda tersebut berdasarkan cirinya.
Jawaban:
Benda hidup
– bunga
– siswa
Benda tak hidup
– meja
– kursi
– papan tulis
– garuda pancasila
– foto presiden
– sapu
– tong sampah
– pajangan dinding
– jam dinding
– lemari
Mari, berlatih mengelompokkan benda. Lihatlah gambar benda pada halaman sebelumnya. Tentukan kelompok benda hidup atau benda tak hidup. Gunting dan tempelkan pada kolom yang tepat.
Jawaban:
Sekarang, perhatikan kelasmu. Apakah benda-benda tersebut juga ada di kelasmu? Berikan tanda centang (✔) pada kolom yang sesuai.