3. Jelaskan manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya.
Jawaban:
Manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya adalah sebagai bahan makanan, bahan pakaian, objek uji coba, bahan obat, bahan kerajinan, dan membantu pekerjaan manusia.
4. Apakah yang akan terjadi pada daerah yang tidak subur sehingga tumbuhan sulit tumbuh?
Jawaban:
Jika tidak ada tumbuhan yang akan terjadi adalah suhunya akan berubah secara drastis, hewan hewan bayak yang punah, dan akan terjadi kekeringan sebab tidak ada air.
5. Apakah yang akan terjadi pada hewan-hewan yang berada di hutan yang telah dirusak oleh kegiatan manusia?
Jawaban:
Hewan-hewan yang berada di hutan yang telah dirusak oleh manusia akan mengalami kekurangan makanan dan dapat menyebabkan kepunahan.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 82 dan 83
Ayo Mengamati
Perhatikan lingkungan tempat tinggalmu dan sekolahmu dengan seksama!
1. Buatlah daftar tumbuhan dan hewan yang ada di sana.
2. Amatilah manfaat tumbuhan dan hewan itu baik bagi lingkungan rumahmu maupun lingkungan sekolah. Bandingkan hasil pengamatanmu. Ceritakan di depan kelas. Gunakan tabel berikut ini untuk membantumu!
Jawaban:
Di Rumah
Nama Tumbuhan | Manfaat | Nama Hewan | Manfaat |
---|---|---|---|
Jahe | Bahan obat dan Bumbu | Sapi | Bahan makanan dan tenaganya |
Mawar | Hiasan rumah | Kelinci | Bahan makanan |
Jambu biji | Bahan makanan dan obat | Kucing | Penjaga rumah |
Mangga | Bahan makanan dan peneduh | Ayam | Bahan makanan |
Palem | Penghias dan Penyejuk | Ikan | Bahan makanan |
Anggrek | Tanaman hias | Kambing | Bahan makanan |
Di Sekolah
Nama Tumbuhan | Manfaat | Nama Hewan | Manfaat |
---|---|---|---|
Melati | Tanaman hias | Ikan | Bahan percobaan |
Mawar | Tanaman hias | Kelinci | Bahan percobaan |
Ketapang | Penyejuk halaman | Cacing | Bahan percobaan |
Felicium | Penyejuk halaman | Belalang | Bahan percobaan |
Palem | Penghias dan Penyejuk | Katak | Bahan percobaan |
Kamboja | Tanaman hias | Serangga | Bahan percobaan |
3. Bandingkanlah hasil pengamatanmu dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.
a. Adakah tumbuhan yang sama yang ada di rumah dan sekolahmu?
Jawaban:
Ada yaitu tumbuhan mawar dan palem
b. Jika ada, apakah keduanya dimanfaatkan dengan cara yang sama? Jelaskanlah!
Jawaban:
Ya keduanya dimanfaatkan sebagai peneduh dan tanaman hias
c. Adakah hewan yang sama yang ada di rumah dan sekolahmu?
Jawaban:
Ada yaitu hewan ikan
d. Jika ada, apakah keduanya dimanfaatkan dengan cara yang sama? Jelaskanlah!
Jawaban:
Ikan di rumah untuk dikonsumsi sementara di sekolah hanya sebagai objek percobaan