Sudahkah kamu menyimak puisi tersebut?
Tahukah kamu makna puisi tersebut?
Lakukanlah kegiatan ini secara berpasangan.
1. Bacalah kembali dengan saksama bait pertama puisi tersebut.
2. Secara bergantian, ceritakan apa yang kamu bayangkan saat kamu membacanya kepada teman sebangkumu. Berdiskusilah.
3. Tuliskan hasil diskusimu pada bait pertama dalam sebuah paragraf.
4. Lakukanlah hal yang sama dengan bait-bait yang lain. Gunakan diagram di bawah untuk mencatatnya.
5. Bacalah kembali makna setiap bait di dalam puisi tersebut. Lalu ringkaslah menjadi satu paragraf yang lain untuk mewakili makna keseluruhan puisi tersebut.
6. Bacakan hasil diskusimu dengan teman sebangkumu di depan kelas.
Makna puisi bait pertama
Jawaban: Makna dari puisi bait pertama adalah meski berasal dari suku yang berbeda, kita semua tetap satu yaitu orang Indonesia.
Makna puisi bait kedua
Jawaban: Makna dari puisi bait kedua adalah setiap orang memiliki rasa syukur atas keberagaman yang ada.
Makna puisi bait ketiga
Jawaban: Makna puisi bait ketiga adalah Indonesia adalah tanah air yang kaya.
Makna puisi bait keempat
Jawaban: Makna puisi bait keempat adalah nasihat untuk rakyat Indonesia agar merawat dan mencintai Tanah Air Indonesia.
Ayo Mengamati
Perhatikan di lingkungan tempat tinggalmu! Carilah informasi tentang sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui di daerahmu! Kemudian, lakukan kegiatan berikut!
1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 4 sampai 5 siswa.
2. Carilah informasi mengenai sumber daya alam yang terdapat di daerahmu.
3. Tuliskan sumber daya alam yang dapat diperbarui di daerahmu.
4. Tuliskan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui di daerahmu.
5. Dimanfaatkan untuk apakah sumber daya alam itu bagi penduduk di daerahmu?
6. Buatlah laporan hasil diskusi kalian tersebut.
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 45 46 47 48 49 50 51 52, Pembelajaran 5 Subtema 1
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 25 26 27 28 29 30 31 32 Pembelajaran 3 Subtema 1
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa dengan dibantu oleh orang tua membuat puisi tentang sumber daya alam yang terdapat di daerahnya. Siswa dibantu mengenai penentuan sumber daya alam yang akan dibuat puisi.
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua dan guru untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema 6 Cita-citaku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas IV Tema 6 Cita-citaku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Gawekami.com