Alasannya pada gambar tersebut ada 2 orang anak yang membuat slogan jagalah kebersihan supaya tidak ada lagi anak-anak lainnya yang mencoret-coret dinding sebagai bentuk cinta lingkungan.
Kunci Jawaban Halaman 41
Apakah kalian pernah melakukan kegiatan-kegiatan tersebut? Kegiatan apa saja yang pernah kalian lakukan di lingkungan sekitar rumah? Diskusikan dengan temanmu. Ceritakan hasil diskusimu di depan kelas.
Jawaban:
Saya pernah melakukan kegiatan kerja sama sebagai bentuk cinta lingkungan. Salah satu kegiatan yang pernah saya lakukan adalah gotong royong dengan warga komplek untuk membersihkan lingkungan sekiar komplek.
Kami melakukannya bersama-sama. Bapaka-bpak membersihkan selokan. Sementara ibu-ibu membersihkan taman bunga. Kami anak-anak bertugas mencabuti rumput liar dan memungut sampah yang berserakan.
Ayo Mencoba
Taman di sekitar rumah Udin bersih. Udin dan teman-temannya bermain di sana. Tiba-tiba Dayu berdiri. Ia mengajak teman-temannya berdiri.
Mereka memperagakan berbagai gerakan. Ada gerakan menyapu dan membuang sampah. Ada gerakan memungut sampah. Ada gerakan mengambil dahan kering di pohon. Ada gerakan menyiram tanaman.
Ayo tirukan gerakan Dayu dan teman-temannya. Lakukan berulang-ulang. Buatlah seperti sebuah tarian.
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 1 Halaman 45 dan 46, Subtema 2 Pembelajaran 2
—
Kegiatan Bersama Orang Tua
Membiasakan siswa peduli dengan lingkungan sekitar rumah.
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas I Tema 6 Lingkungan Bersih Sehat dan Asri Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas I Tema 6 Lingkungan Bersih Sehat dan Asri Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
(Halo Belajar)