Tika mengangguk cepat. Ia sudah tak sabar ingin ikut membantu.
Ayah membimbing Tika mengisi drum. Kerikil diletakkan di bagian dasar, lalu berturut-turut ijuk, pasir, arang, ijuk lagi, dan terakhir potongan batu bata.
“Selesai!” Bang Mursali mengacungkan jempolnya pada Tika.
Ayah mengambil air kuning beberapa timba. Lalu, air itu dimasukkan ke dalam drum. Beberapa menit kemudian, air keluar melalui keran. Walaupun belum terlalu bening, warna kuning air itu sudah mulai memudar.
“Horeee!” Tika berteriak gembira.
“Nanti lama, kelamaan airnya akan lebih bening lagi, Pak,” jelas Bang Mursali.
Bunda datang membawa goreng pisang dan teh hangat. “Sudah dapat kejutannya, kan, Nak?” tanya Bunda.
Tika mengangguk. Ternyata, ini kejutan yang Bunda maksud. Kalau di sekolah hanya belajar teori, hari ini Tika belajar IPA secara langsung.
“Selamat datang, air bersih!”
Kunci Jawaban Halaman 160 – 161
A. Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan tersebut.
1. Siapakah tokoh utama pada cerita tersebut?
Jawaban: Tokoh utama pada cerita tersebut adalah Tika.
2. Permasalahan apakah yang timbul pada cerita tersebut?
Jawaban: Permasalahan yang ditimbulkan pada cerita di atas adalah sulitnya air bersih.
3. Bagaimanakah pemecahan masalah berdasarkan cerita tersebut?
Jawaban: Pemecahan masalah berdasarkan cerita tersebut adalah dengan membuat alat penyaring air yang terbuat dari drum, kerikil, ijuk, pasir, arang dan batu bara.
4. Pesan apakah yang dapat kamu petik dari cerita tersebut?
Jawaban: Pesan yang dapat dipetik dari cerita di atas adalah, pentingnya menjaga kebersihan lingkungan agar tidak terjadi pencemaran lingkungan. Di setiap masalah pasti ada cara dalam mengatasinya, maka jangan pernah berputus asa.
B. Kegiatan Proyek
– Carilah informasi dari berbagai sumber tentang cara penjernihan air.
– Gambarlah bagan atau diagram yang menunjukkan cara penjernihan air sederhana.
– Lakukanlah percobaan penjernihan air tersebut dan buatlah kesimpulanmu.
– Sebutkanlah pengaruh kegiatan manusia di sekitarmu yang dapat mengganggu ketersediaan sumber air bersih.
– Pada ekosistem hutan, sebutkanlah fungsi air bersih bagi ekosistem tersebut.
Jawaban masih dicari.
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua dan guru untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 5 Ekosistem, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud Tahun 2017.
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 5 Ekosistem, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud Tahun 2017.
– Pojokedukasi.com