Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 SD Halaman 38 39 40 42 43 44 45 46, Subtema 1 Pembelajaran 5

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 SD Halaman 38 39 40 42 43 44 45 46, Subtema 1 Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 SD Halaman 38 39 40 42 43 44 45 46, Subtema 1 Pembelajaran 5

Diskusikan pendapat tersebut secara berpasangan!

Kunci Jawaban Halaman 42

Ayo Bernyanyi

Bacaan Lainnya

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menggugah semangat kepahlawanan. Salah satu cara tersebut adalah melalui lagu.

Sebelumnya, kamu telah belajar membaca notasi lagu “Maju Tak Gentar”. Perhatikan kembali lagu tersebut dan nyanyikan syairnya. Perhatikan terlebih dahulu cara gurumu menyanyikan dengan benar lagu tersebut.

Sekarang giliranmu mempelajari lagu tersebut. Dengarkan penjelasan guru. Bersama dengan kelompokmu, nyanyikan lagu “Maju Tak Gentar” dengan nada dan tempo yang tepat. Simaklah saat kelompok lain menyanyikan lagu tersebut!

1. Apa yang kamu rasakan ketika menyanyikan lagu di atas? Jelaskan jawabanmu!
Jawaban:
Merasa bangga dan bersemangat untuk membela bangsa.

2. Jelaskan tentang nada dan tempo dalam lagu tersebut. Nilai baik apa yang terkandung dari lagu di atas?
Jawaban:
Lagu Maju Tak Gentar termasuk lagu perjuangan. Karya C. Simandjuntak, dengan tanda birama 4/4. Apa fungsi tanda birama? Setiap birama terdapat 4 Ketukan dan masing- masing ketuk bernilai 1/4. Nilai baik dari lagu maju tak gentar adalah pantang menyerah dan cinta tanah air.

3. Apakah ada lagu di daerahmu yang menggambarkan perjuangan para pahlawan? Jika ada, tuliskan judul dan makna lagu tersebut!
Jawaban:
Ya, di daerah saya terdapat lagu daerah yang menggambarkan perjuangan para pahlawan. Judul lagu tersebut adalah Caping Gunung. Makna lagu Caping Gunung adalah kerinduan dari sang ayah untuk anaknya yang pergi berjuang demi mewujudkan kemerdekaan.

Kunci Jawaban Halaman 43, 44, 45, dan 46

Ayo Berlatih

Perhatikan gambar raket berikut. Jelaskan garis yang kamu lihat pada senar raket di atas.
Jawaban:
Garis tersebut merupakan dua buah garis yang sejajar.

Perhatikan gambar garis berikut. Tulis sifat pasangan garis yang telah kamu ketahui.

Jawaban:

Pasangan garis F : garis sejajar
Pasang garis G : garis berpotongan
Pasang garis H: garis berpotongan
Pasang garis J : garis tidak sejajar

Jelaskan perbedaan gambar berikut.

Jawaban:

A: Garis yang memiliki ukuran panjang tetapi tidak mempunyai ukuran lebar atau tebal.
B: Sinar garis separuh garis sehingga sinar memiliki 1 arah.
C: Segmen garis/penggal garis adalah bagian dari suatu garis sedemikian sehingga menunjukkan suatu jarak.

Gambarlah pasangan garis sejajar dan berpotongan pada kertas berpetak.

Jawaban:

Tukarkan gambarmu dengan temanmu. Mintalah temanmu menceritakan tentang garis yang telah kamu buat. Tulis kesimpulanmu pada kolom berikut.
Jawaban:
A dan B adalah garis sejarar, sedangkan D dan E adalah garis berpotongan pada titik C.

Pos terkait