Ayo Renungkan
• Apa yang telah kamu pelajari dari materi hari ini?
Jawaban:
Hari ini saya belajar tentang teks Non fiksi, Sifat-sifat cahaya, dan Peninggalan sejarah masa Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya
• Apa yang ingin kamu ketahui lagi dari materi hari ini?
Jawaban:
Saya ingin tahu lebih banyak tentang Peninggalan sejarah masa Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya
• Bagaimana sikapmu ketika mempelajari materi hari ini?
Jawaban:
Saya merasa bangga sebagai siswa mengetahui perjuangan para pahlawan bangsa.
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 SD Halaman 10 11 12 13 15 16 17 18 19 20 21, Subtema 1 Pembelajaran 2
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Halaman 145, Aku Cinta Membaca: Polisi Hutan, Menjaga Kelestarian
—
Kerja Sama dengan Orang Tua
Diskusikanlah nilai-nilai perjuangan Raja Purnawarman di rumah.
Jawaban:
Perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman adalah dia membuat saluran air yang dihubungkan dari sungai Citarum, Jawa barat dan memberantas perompak.
Dapatkah kamu menemukan nilai-nilai luhur dari sikap dan perilaku masyarakat di sekitarmu? Sampaikan hasilnya kepada teman di sekolah.
Jawaban:
Berikut anilai luhur dan sikap dan perilaku di lingkup masyarakat sekitarku:
– Ikut kerja bakti atau gotong royong membersihkan lingkungan
– Hidup rukun dengan semangat kekeluargaan dengan tetangga
– Menyelesaikan masalah sosial bersama-sama tidak diselesaikan sendiri
– Bergaul sesama warga dengan tidak membedakan agama, suku, atau ras
– Bersikap ramah kepada semua orang
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas IV Tema 5 Pahlawanku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema 5 Pahlawanku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
(Halo Belajar)