Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 SD Halaman 1 3 4 5 6 8 9, Subtema 1 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 SD Halaman 1 3 4 5 6 8 9, Subtema 1 Pembelajaran 1
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 SD Halaman 1 3 4 5 6 8 9, Subtema 1 Pembelajaran 1

Air kolam bisa memantulkan cahaya. Kamu akan belajar tentang sifat-sifat cahaya melalui percobaan berikut.

Kunci Jawaban Halaman 8 dan 9

Ayo Mencoba

Sifat-Sifat Cahaya

Bacaan Lainnya

1. Cahaya merambat lurus

Percobaan menggunakan tiga karton tebal dan lilin. Lubangi bagian tengah ketiga karton tersebut. Letakkan karton-karton dengan posisi tiga lubang tersebut sejajar dengan cahaya lilin tepat di belakang lubang. Perhatikan apa yang terjadi! Lalu coba menggeser posisi setiap karton sehingga setiap lubang menjadi tidak sejajar. Perhatikan perbedaannya!

2. Cahaya menembus benda bening

Percobaan menggunakan cahaya matahari/ cahaya senter, gelas/benda-benda transparan/bening, benda-benda berwarna gelap, dan benda-benda bening, tetapi berwarna. Letakkan peralatan seperti pada gambar. Arahkan cahaya ke tembok berwarna putih. Perhatikan apa yang terjadi.

3. Cahaya dapat dipantulkan

Percobaan menggunakan dua cermin datar dan senter. Coba pantulkan cahaya senter menggunakan cermin. Coba berbagai posisi cermin yang berbeda dan gunakan lebih banyak cermin. Amatilah apa yang terjadi pada cahaya pantul?

4. Cahaya dapat dibiaskan

Percobaan menggunakan pensil yang setengah bagian panjangnya berada di dalam gelas berisi air. Amati pensil dari sisi samping luar gelas. Bagaimana penampakan dan besar pensil dibanding aslinya?

Catat proses percobaan dan peristiwa yang terjadi tersebut dalam lembar laporan berikut.

Jawaban:

Laporan Kegiatan Percobaan Sifat-Sifat Cahaya

Aspek Percobaan 1 Percobaan 2 Percobaan 3 Percobaan 4
Nama
percobaan
Percobaan Cahaya Merambat Lurus Percobaan Cahaya
Menembus Benda
Bening
Percobaan Cahaya Dapat Dipantulkan Percobaan Cahaya Dapat Dibiaskan
Tujuan
Percobaan
Mengetahui cahaya dapat merambat Lurus Mengetahui Cahaya
dapat menembus
benda bening
Mengetahui cahaya dapat dipantulkan Mengetahui cahaya dapat dibiaskan
Alat dan Bahan Tiga buah karton
Sebuah lilin
Korek api
Isolasi
Cermin datar
Lampu senter
Cermin datar
Lampu senter
Sebuah gelas berisi air
Sebuah pensil
Langkah Kerja. Lubangi bagian tengah
ketiga karton tersebut.
Letakkan dengan posisi
tiga  lubang tersebut sejajar
dengan cahaya lilin tepat di belakang lubang.
Lalu coba menggeser posisi setiap lubang menjadi tidak sejajar.
Percobaan menggunakan
cahaya matahari/ cahaya
senter,  gelas/benda-benda transparan/bening,
benda-benda berwarna
gelap, dan benda-benda
bening, tetapi berwarna. Letakkan peralatan seperti pada gambar.
Arahkan cahaya ke tembok berwarna putih.
Pantulkan cahaya
senter menggunakan
cermin. Coba
berbagai posisi
cermin yang
berbeda dan gunakan lebih banyak cermin.
Pensil setengah bagian
panjanganya berada
di dalam gelas berisi air. Amati pensil
dari sisi samping luar gelas
Hasil
Pengamatan
Cahaya  lilin/ senter
dari depan rangkaian
kardus yang sudah
diberi lobang sejajar cahaya dapat
merambat lurus
Cahaya senter yang
melewati benda bening
dapat terlihat sedangkan
sebaliknya pada
benda tidak bening seperti kardus cahaya
tidak bisa menembus.
Cahaya senter yang
diarahkan kecermin datar dapat memantul.
Pensil yang dimasukan ke dalam air akan
kelihatan bengkok
Kesimpulan:
Berdasarkan hasil pengamatan bahwa sifat-sifat cahaya diantaranya yaitu cahaya dapat merambat lurus, menembus benda bening, dapat dibiaskan. dan dapat memantul.

Diskusikan hasil percobaanmu bersama teman-teman kelompok dan buat kesimpulan tentang sifat-sifat cahaya.
Jawaban:
Berdasarkan hasil pengamatan bahwa sifat-sifat cahaya di antaranya yaitu cahaya dapat merambat lurus, menembus benda bening, dapat dibiaskan, dan dapat memantul.

Pos terkait