Sekarang, saatnya kamu berlatih dengan teman-temanmu untuk menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar” dengan tempo sedang.
Tambahkan tepuk tangan atau ketukan untuk mengiringi kamu bernyanyi.Bernyanyilah dalam kelompok. Mintalah pendapat temanmu. Apakah saat kamu bernyanyi tinggi rendah nada sudah sesuai? Apakah tempo sudah sesuai? atau ketukan?
Minta temanmu menuliskan pendapatnya di kolom berikut!
Jawaban menyesuaikan dengan pendapat masing-masing siswa.
—
Selain mempunyai semangat yang kuat untuk mencapai kemerdekaan, para pahlawan juga mempunyai rasa kebersamaan sebagai bangsa Indonesia.
Mereka bersama-sama melawan penjajah.
Amatilah barisan para pejuang berikut!
Temukan garis sejajar dan berpotongan pada gambar di atas.
Jawaban:
Kunci Jawaban Halaman 67
Apa ciri-ciri dari garis berpotongan? Mari kita lakukan percobaan berikut.
Percobaan 1
– Ambillah satu lembar kertas.
– Lipat kertas tersebut menjadi dua bagian sama besar.
– Hasil lipatan, dilipat lagi menjadi dua bagian sama besar. Tebalkan garis yang terbentuk pada lipatan dengan pensil.
Apakah kamu menemukan garis? Garis apa yang kamu temukan?
Jawaban: Garis Berpotongan.
Apakah kamu menemukan sudut? Sudut apa yang kamu temukan? Coba ukurlah besar sudut dengan busur.
Jawaban: Sudut yang ditemukan adalah sudut siku-siku (90 derajat).
Apakah besar setiap sudut sama? Kamu harus membuktikan besar sudut dengan menempelkan satu sudut ke sudut lainnya.
Jawaban: Besar setiap sudut sama karena, hasil lipatan, dilipat lagi menjadi dua bagian sama besar.
Apa yang dapat kamu simpulkan dari percobaan ini? Dua garis yang kamu temukan tadi adalah garis berpotongan tegak lurus. Bagaimana sudut yang terbentuk dari perpotongan garis tegak lurus?
Jawaban: Dua garis yang kamu temukan tadi adalah garis berpotongan tegak lurus. Sudut dari garis yang tegak lurus adalah sudut siku-siku. Garis vertical dan garis horizontal yang saling berpotongan adalah dua garis yang saling tegak lurus.
Kunci Jawaban Halaman 68 – 69
Percobaan 2
– Ambillah satu lembar kertas.
– Lipat kertas tersebut menjadi dua bagian sama besar.
– Hasil lipatan, dilipat lagi menjadi dua tetapi tidak sama besar.
– Tebalkan garis yang terbentuk pada lipatan dengan pensil dengan pensil.
Apakah kamu menemukan garis? Garis apa yang kamu temukan?
Jawaban: Garis berpotongan tidak tegak lurus.
Apakah kamu menemukan sudut? Sudut apa yang kamu temukan? Coba ukurlah besar sudut tersebut dengan busur.
Jawaban: Sudut yang ditemukan adalah sudut siku-siku (90 derajat).
Apakah besar setiap sudut sama? Cobalah membuktikan besar sudut dengan menempelkan satu sudut ke sudut lainnya. Apa yang bisa kamu simpulkan?