HALO BELAJAR – Kunci jawaban berikut membahas tentang Pembelajaran 4, Subtema 2, Tema 5, untuk Kelas 1 SD/MI.
Nah, adik-adik dapat menggunakan kunci jawaban ini sebagai pedoman dalam mempelajari pelajaran 4 yang terdapat pada halaman 77 sampai 83.
Kunci jawaban ini merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 untuk Kelas 1 SD/MI, Subtema 2 Pengalaman Bersama Teman, Tema 5 Pengalamanku.
Kunci jawaban merupakan pembahasan dan uraian dari soal yang terdapat pada pembelajaran 4 halaman 81 dan 82. Materi untuk pembelajaran 4 ini meliputi ‘pengalaman menirukan gerakan tumbuhan tersiram air hujan’, ‘pengalaman melakukan gerakan menggantung’, dan ‘pengalaman menemukan ungkapan permintaan maaf’.
Kunci jawaban berikut juga dapat berguna untuk membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.
Nah, simaklah Kunci Jawaban Buku Tema 5 Kelas 1 Halaman 81 dan 82, Subtema 2 Pembelajaran 4 berikut ini dengan saksama!
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 1 Halaman 85 86 87 88, Subtema 2 Pembelajaran 5
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 1 Halaman 61 63 68 70 72 74, Subtema 2 Pembelajaran 3
Ayo Mengamati
Musim Penghujan
Satu minggu terakhir ini hujan turun setiap hari. Kata ibu guru, musim penghujan telah datang.
Indonesia adalah negara beriklim tropis. Indonesia mengalami dua kali pergantian musim. Musim penghujan dan musim kemarau bergantian dalam satu tahun.
Bulan Januari ini saatnya musim penghujan. Hujan datang hampir setiap hari.
Lani dan teman-teman harus menembus hujan untuk pergi atau pulang sekolah. Hal ini menjadi pengalaman baru bagi Lani dan teman-teman.
Siti dan teman-teman berada di kelas. Di luar hujan deras dan angin bertiup. Air hujan menyiram semua benda dan tumbuhan di luar.
Pohon kelapa meliuk batang daunnya diterpa angin. Rerumputan menunduk diterpa air hujan. Pepohonan dan rerumputan itu terlihat seperti menari. Siti dan teman-teman mengamati gerakan pohon dan rumput itu.
Pernahkah kamu melihat pohon diterpa angin? Bagaimana gerakannya?
Ayo Mencoba
Siti dan teman-teman kagum. Gerakan tanaman itu indah seperti tangan penari. Ibu guru meminta anak-anak menirukan gerakannya.
Ayo, peragakan gerakan meniru tanaman.
Ayo Mengamati
Hujan sudah reda. Beni dan teman-teman bisa berolahraga di luar lagi. Pak guru mengajak anak-anak ke taman bermain.
Mereka sudah pernah belajar gerakan menggantung. Kali ini mereka akan bergerak maju dari satu pegangan ke pegangan yang lain.
Cabang pohon yang rendah dan kuat juga dapat menjadi tempat bergantung. Jika bergantung di cabang pohon, kita bisa bergerak ke samping.