Sketsa Gambar: (Gambar buah-buahan)
Naskah iklan:
Siswa 1: “Lihat apa yang kubawa!”
Siswa 2: “Wah, buah apa itu? Mengapa warnanya ungu agak kemerahan?”
Siswa 1: “Ini buah naga impor, lho! Tak ada duanya. Kalau buah naga lokal itu warnanya putih, sementara ini warnanya unik sekali.”
Siswa 3: “Oh, buah naga, ya? Aku juga suka membeli buah naga. Akan tetapi, aku membeli buah naga hasil petani lokal saja.
Manfaat dan rasanya juga sama. Harganya juga jauh lebih murah. Sekalipun warnanya berbeda, bukankah itu tidak memengaruhi manfaatnya?”
Siswa 2: “Iya. Kalau kata ayahku, buah produksi petani lokal itu lebih segar sebab jalur distribusinya lebih pendek. Berbeda dengan buah impor yang membutuhkan banyak pengawet sebab jalur distribusinya lebih panjang. Jadi, selain produksi petani lokal lebih aman untuk dikonsumsi, kita juga turut membantu memberdayakan petani lokal kita.”
Siswa 1 : “Oh, begitu, ya. Aku jadi mengerti sekarang. Aku akan memberitahu ayah dan ibuku juga untuk membeli produk buah lokal mulai dari sekarang.”
Sajikan iklan layanan masyarakat tersebut dalam bentuk presentasi di depan kelas.
Ayo Renungkan
Bagaimana sikapmu hari ini ketika bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas? Apakah sikapmu sudah mencerminkan sikap menghargai perbedaan? Ceritakan bagaimana kamu bekerja sama dengan kelompokmu.
Jawaban:
Sikapku saat berkerjasama dalam kelompok sudah mencerminkan menghargai perbedaan. Misalnya saja ketika teman lain mengalami kesullitan maka semua anggota akan dengan suka rela membantu.
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 100 101 102 103 104 105, Subtema 3 Pembelajaran 4
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 90 91 92 93, Subtema 3 Pembelajaran 2
—
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ceritakan kepada orang tuamu tentang kegiatan belajar yang kamu lakukan hari ini. Ceritakan juga hal-hal yang menarik dan kurang menarik dalam kegiatan kelompok tersebut. Mintalah orang tuamu untuk menceritakan pengalaman belajar yang mereka miliki ketika kelas V SD. Apakah mereka pernah merasa kesulitan? Kapan? Bagaimana orang tuamu mengatasi kesulitan tersebut?
Jawaban:
Hari ini saya telah belajar tentang mengidentifikasi pembangunan sosial budaya di Indonesia, melakukan kegiatan dalam kelompok, praktik diskusi, dan merancang iklan elektronik. Hal yang menarik adalah saat bekerjasama merancang iklan elektronik.
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 3 Makanan Sehat, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 3 Makanan Sehat, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.